Jemaah Haji Gelombang Dua Mulai Digeser ke Madinah

Jemaah Haji Gelombang Dua Mulai Digeser ke Madinah
Sebelum ke Madinah jemaah Haji gelombang dua sedang ziarah ke makam ibnu Abbas salah seorang sahabat Nabi di Taif Arab Saudi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Madinah - Jemaah haji gelombang kedua yang sebelumnya fase kedatangan mendarat di Bandara King Abdulaziz Internasional Jeddah akan digeser secara bertahap dari Kota Mekkah ke Madinah mulai besok, Senin 10 Juli 2023.

Mereka akan melaksanakan ibadah arbain di Masjid Nabawi dan berziarah ke sejumlah tempat bersejarah sebelum pulang ke Tanah Air.

Kepala Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Madinah, Zaenal Muttaqin menyatakan, pihaknya siap menyambut kedatangan jemaah haji gelombang dua dari Mekkah. Rencananya akan ada 21 kelompok terbang (kloter) yang akan tiba di Madinah pada hari pertama pergeseran.

"Kita sudah koordinasi tadi dengan ketua-ketua sektor dan kepala seksi. Prinsipnya insya Allah mereka siap menerima jemaah," ujarnya di Madinah, Minggu (9/7).

Ribuan jemaah haji dari 21 kloter tersebut nantinya akan menempati hotel-hotel yang ada di wilayah markaziyah atau sekitar Masjid Nabawi.

"Nanti menyebar di lima sektor, mungkin empat sektor untuk hari pertama," sambungnya.

Selain itu, PPIH Daker Madinah juga telah berkoordinasi dengan penyedia layanan katering untuk jemaah haji. Dia berharap perusahaan-perusahaan konsumsi tersebut tetap memberikan pelayanan maksimal.

"Seluruh komponen terkait dengan proses persiapan layanan gelombang kedua kita sudah siap. Mudah-mudahan gelombang kedua sebagaimana arahan pimpinan dan juga harapan pak menteri dan pak dirjen mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar dan tanpa kendala apapun," kata Zaenal.

Sebagai informasi, jemaah haji gelombang dua akan diberangkatkan secara bertahap ke Madinah mulai tanggal 10 hingga 24 Juli 2023. Mereka akan tinggal di Madinah selama 8 hingga 9 hari untuk melaksanakan ibadah arbain di Masjid Nabawi dan berziarah ke Makam Rasulullah SAW serta tempat-tempat bersejarah lainnya.

Jemaah haji gelombang dua ini akan dipulangkan secara bertahap ke Indonesia melalui Bandara Internasional Amir Mohammed bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah pada 19 Juli-2 Agustus 2023.

Sementara jemaah haji gelombang satu lebih dulu menghabiskan waktu di Madinah sebelum puncak haji. Mereka pun telah dipulangkan secara bertahap ke Tanah Air sejak tanggal 4 hingga 18 Juli 2023 mendatang melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi