Pedagang Daging Anjing dan Kucing Sepakat Hentikan Penjualan

Pedagang Daging Anjing dan Kucing Sepakat Hentikan Penjualan
Ilustrasi- Pasar Ekstrim Tomohon, Sulawesi Utara (AFP/File/Bay Ismoyo)

Analisadaily.com, Tomohon - Pasar hewan Indonesia yang terkenal telah menghentikan penjualan daging anjing dan kucing setelah bertahun-tahun mendapat tekanan aktivis untuk menghentikan perdagangan dan metode penyembelihannya yang brutal.

Dilansir dari AFP dan Channel News Asia, Minggu (23/7), daging anjing dan kucing menjadi menu bersama kelelawar, tikus, ular, dan monyet di Pasar Ekstrim Tomohon di pulau Sulawesi, yang terkenal dengan penyebaran kulinernya yang mengganggu hingga larangan diberlakukan pada Jumat (21/7).

"Bazaar yang sebelumnya tanpa kompromi adalah pasar pertama di negara itu yang akhirnya mundur dan menghentikan perdagangan daging kucing dan anjing," kata kelompok hak-hak hewan Humane Society International (HSI) dalam sebuah pernyataan.

"Itu sebagai kesepakatan bersejarah yang akan menyelamatkan ribuan hewan dari dipukul dan dibakar sampai mati untuk konsumsi manusia," kata mereka.

Indonesia masih menjadi salah satu dari sedikit negara di dunia yang masih mengizinkan penjualan daging anjing dan kucing karena tradisi dan budaya setempat.

Enam pedagang daging anjing dan kucing yang tersisa di pasar menandatangani perjanjian untuk menghentikan penjualan, dan walikota kota Tomohon menandatangani undang-undang larangan perdagangan di masa depan di pasar, kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

"Dampaknya akan sangat luas, menutup bisnis bagi jaringan luas para pedagang, pencuri anjing, dan penjagal. Kami berharap kesepakatan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini akan menetapkan standar," kata Direktur kampanye HSI, Lola Webber.

Kelompok hak asasi mengatakan perjanjian itu berpotensi menyelamatkan nyawa ribuan anak anjing di pulau itu, di mana sebanyak 130.000 disembelih setiap tahun.

Pasar telah menuai kritik luas dari para aktivis atas metode yang digunakan untuk menyembelih hewan, seperti pemukulan, gantung, dan peniup bulu saat mereka masih hidup.

Seruan itu meningkat setelah kelompok pertama wabah virus corona pada tahun 2020 dikaitkan dengan pasar basah di kota Wuhan di China, memicu kekhawatiran di tempat lain bahwa virus berpindah dari hewan ke manusia.

HSI dan kelompok HAM Indonesia juga berusaha menghentikan perdagangan untuk mencegah penyebaran virus rabies yang mematikan itu.

Elvianus Pongoh, salah satu penjual di Tomohon selama 25 tahun, mengatakan waktu yang tepat untuk mengakhiri perdagangan.

"Saya mungkin telah membantai ribuan anjing. Sesekali saya melihat ketakutan di mata mereka, saat saya datang untuk mereka, dan itu membuat saya merasa tidak enak," katanya dalam siaran pers HSI.

"Saya tahu larangan ini yang terbaik untuk hewan dan juga yang terbaik untuk melindungi masyarakat," tambah Elvianus.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi