Peparpenas 2023

Para-catur Sumatera Utara Sumbang Emas dan Perunggu

Para-catur Sumatera Utara Sumbang Emas dan Perunggu
Atlet para catur Sumut, Azzuhra Nur Afifah Hasibuan saat pengalungan medali emas. (ANTARA/HO)

Analisadaily.com, Palembang - Atlet cabang olahraga para-catur Sumatera Utara menyumbang satu medali emas dan satu perunggu untuk kontingen provinsi tersebut pada Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) 2023 di Palembang, Sumatera Selatan.

Medali emas dari cabang olahraga tersebut disumbangkan atlet putri Azzuhra Nur Afifah Hasibuan. Atlet asal Deli Serdang tersebut di partai final mengalahkan atlet asal Aceh Annisah. Sementara satu medali perunggu disumbangkan Ahmad Zulfi Al Wafiq Nasution.

Pelatih para-catur Peparpenas Sumut, Erhan Tarmizi, mengatakan sangat mengapresiasi perjuangan yang telah dilakukan atlet sehingga mampu meraih hasil membanggakan di Peparpenas 2023 Palembang, Sumatera Selatan.

"Mereka bertanding dengan sangat baik. Alhamdulillah, dari dua atlet yang kita kirim ke Peparpenas tahun ini, dua-duanya meraih medali yakni satu emas oleh Azzuhra Nur Afifah Hasibuan dan satu perunggu oleh Ahmad Zulfi Al Wafiq Nasution," kata Erhan dilansir dari Antara, Jumat (4/8).

Ia mengatakan, kedua atlet tersebut merupakan aset masa depan Sumatera Utara karena statusnya yang sekarang masih pelajar. Apalagi jika pembinaan terus dilakukan secara maksimal, tentunya keduanya nanti bisa menjadi andalan Sumatera Utara pada Peparnas 2024.

"Misalnya saja Azzuhra Nur Afifah yang kemajuannya dalam setahun ini dinilai sangat pesat. Ketika berlaga di Peparprov Sumut dia meraih medali perak. Kita latih terus selama setahun ini dan Alhamdulillah akhirnya dia bisa meraih emas di Peparpenas ini," katanya.

Demikian juga dengan Zulfi yang terus menunjukkan peningkatan, namun permainannya belum stabil sehingga hanya meraih perunggu.

"Sekali lagi kami sangat mengapresiasi perjuangan mereka. Sekembalinya dari Pelambang nanti, kami harapkan mereka terus intens berlatih. Mereka punya potensi yang harus terus diasah. Terima kasih juga kami ucapkan kepada masyarakat Sumatera Utara yang telah mendoakan atlet kami sehingga bisa berprestasi," katanya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi