Laksanakan PKM, Dosen UNPAB Edukasi Pencegahan Stunting

Laksanakan PKM, Dosen UNPAB Edukasi Pencegahan Stunting
Dosen UNPAB Edukasi Pencegahan Stunting. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Langkat - Dosen Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) melakukan kegiatan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan memberikan edukasi dan pemahaman pencegahan stunting pada anak usia dini melalui konsumsi produk ternak yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal) di Desa Suka Damai Timur, Kabupaten Langkat. Mitra kegiatan PKM ini yaitu PAUD Ihsanul Hasanah, TK Ihsanul Hasanah, dan TK AL-Hidayah.

Kegiatan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) ini di danai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun Anggaran 2023. Kegiatan ini diketuaioleh Rika Widya, S.Psi., M.Psi., yang beranggotakan Dr. Sri Setyaningrum, S.Pt., M.Si., dan Dini Julia Sari Siregar, S.Pt., MP., dan melibatkan 2 orang mahasiswa UNPAB.

Selain itu, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Suka Damai Timur Kabupaten Langkat, Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK), Penilik TK/PAUD Kecamatan Hinai, Kader Posyandu, Ibu Bidan, Ketua Kader Pembangunan Manusia (KPM), Kepala Dusun 5, dan Ketua Himpaudi Kecamatan Hinai.

Sosialisasi tentang pencegahan stunting dengan konsumsi produk ternak yang ASUH kepada guru dan orang tua disampaikan oleh Fatimah Triyani, S.Pd dari Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kabupaten Langkat.

Edukasi dan pemahaman pencegahan stunting pada anak usia dini.
Sedangkan sosialisasi kepada anak usia dini tentang pentingnya mengkonsumsi produk ternakdisampaikan oleh Kak Indri dari Cerita Baik melalui metode story telling.Selain sosialisasi melalui metode story telling, kegiatan ini juga dilakukan pemberian produk ternak secara langsung pada anak usia dini.

Rika selaku ketua pelaksana kegiatan PKM mengatakan pemberian produk ternak secara langsung pada anak usia dini berupa daging, telur dan susu yang dilakukan setiap 2 minggu sekaliselama 3 bulan diharapkan mampu mencegah stuntingpada anak sejak dini dan membantu mitra dalam menggalakkan program pemerintah dalam menurunkan angka stunting pada anak usia dini.

“Melalui kegiatan ini,diharapkan mampu meningkatkan pemahaman mitra dan masyarakat yang terlibat tentang pentingnya konsumsi produk peternakan dalam mengantisipasi terjadinya stunting dan pemeliharaan gizi seimbang pada anak usia dini,” ujar Rika.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi