Sinergitas 3 Pilar Membangun Rasa ‘I Love Lubukpakam’

Sinergitas 3 Pilar Membangun Rasa ‘I Love Lubukpakam’
Sinergitas 3 Pilar Membangun Rasa ‘I Love Lubukpakam’ (Analisadaily/Amirul Khair)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Pola kerja penyelenggaraan pemerintahan di Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang, yang digagas Camat Syahdin Setia Budi Pane diapresiasi banyak pihak termasuk mitra kerjanya Kepala Kepolisian Resor (Kapolsek) Lubukpakam AKP Hendri Yanto Sihotang dan Komandan Ranting Militer (Danramil) 06/Lubukpakam Kapten Inf Poniman.

Keduanya menilai pola sinergitas yang dibangun Camat Lubukpakam lewat sejumlah inovasinya berefek positif dalam melayani dan mengayomi masyarakat termasuk sektor cipta kondisi keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan teritorial di wilayah Kecamatan Lubukpakam.

“Saya pribadi selama bertugas di Lubukpakam bersyukur. Semua elemen semacam paham fungsi tugas mereka dan apa dengan unsur 3 pilar. Responnya ada,” ungkap Kapolsek Lubukpakam AKP Hendri Yanto Sihotang usai menghadiri rapat koordinasi di aula Kecamatan Lubukpakam baru-baru ini.

Diakuinya, sejak awal sebagai salah satu muspika, dirinya bersama Camat Lubukpakam Syahdin Setia Budi Pane dan Danramil 06/Lubukpakam Kapten Inf Poniman, menyepakati komitmen bersama bagaimana menciptakan suasana kerja untuk saling mendukung satu sama lain.

Komitmen tersebut sebagai bentuk sinergitas antarmuspika yang sering mereka sebut dengan 3 pilar (Camat, Kapolsek dan Danramil) bertujuan untuk kepentingan warga Kecamatan Lubukpakam. Sebab, kerja-kerja mereka tidak bisa terpisahkan sehingga harus saling mendukung.

Terlebih papar Kapolsek, dirinya selaku pimpinan di jajaran Polsek Lubukpakam sangat terbantu dengan sinergitas yang terjalin dalam tugas-tugasnya melakukan pembinaan kemasyarakatan serta menciptakan situasi kamtibmas kondusif.

“Saya sebaga kapolsek merasa sangat terbantu. Kenapa ? Banyak hal yang kita laksanakan sesuai arahan kebijakan pimpinan sesuai dengan tugas fungsi kami bidang keamananan, sangat terbantu sekali,” terangnya.

Rasa Cinta

Lewat inovasi pembangunan yang digagas Camat Lubukpakam “Lubukpakam Rumah Kita”, menjadi perekat bagi sinergitas 3 pilar untuk bersama dengan elemen masyarakat dalam membangun kecamatan tersebut saling mendukung dan bahu-membahu.

Kapolsek mengakui, dirinya bersama jajarannya mustahil akan bisa menjalakan tugas dan fungsi mereka bila tidak mendapatkan dukungan dari mitra kerja dan elemen masyarakat. Sehingga dengan sinergitas 3 pilar yang terjalin, tugas dan tanggung jawab semuanya tidak ada yang sulit.

“Kalau kami saja yang bekerja tanpa unsur lainnya, kami tidak sanggup. Karena saling bahu-membahu, tidak ada yang sulit. Semua termudahkan,” papar Kapolsek.

Inovasi “Lubukpakam Rumah Kita” yang digagas pada intinya membangun sinergitas 3 pilar antarmuspika bersama elemen masyarakat hilirnya untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Kecamatan Lubukpakam dilabelkan dengan semboyan ‘I love Lubukpakam’.

Ungkapan senada juga dikatakan Danramil 06/Lubukpakam Kapten Inf Poniman yang merasakan sinergitas 3 pilar yang terjalin berdampak kepada kemudahan dalam tugas-tugas TNI sebagai penjaga teritorial membantu kesulitan masyarakat.

“Sinergitas ini sebenarnya sudah berjalan sebelumnya. Namun kehadiran camat sangat antusias sekali. Saya kira (sinergitas) ini suatu hal luar biasa yang semata-mata untuk masyarakat Lubukpakam khususnya,” ucap Danramil.

Poniman menegaskan, keberadaan TNI di tengah-tengah masyarakat untuk membantu dan menyelesaikan masalah yang timbul. Komitmen TNI salah satunya membantu pemerintah dalam hal ini Kecamatan Lubukpakam untuk kebaikan masyarakat.

“Kita kerja all out kalau untuk kebaikan masyarakat. TNI mendukung penuh,” tegasnya.

(AK/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi