Mogoknya Para Aktor Warnai Festival Film Venesia dari Awal Hingga Akhir

Mogoknya Para Aktor Warnai Festival Film Venesia dari Awal Hingga Akhir
Mogoknya Para Aktor Warnai Festival Film Venesia dari Awal Hingga Akhir (REUTERS)

Analisadaily.com, Venesia - Pemogokan yang dilakukan oleh para aktor Hollywood membuat sebagian besar bintang tidak hadir di Festival Film Venesia tahun ini, dan bahkan beberapa artis papan atas yang berani datang ke kota tampak bersalah karena berada di karpet merah dan bukannya di garis piket.

Pada hari terakhir kompetisi, tepatnya Jumat, 8 September 2023, pemenang Oscar Jessica Chastain mengatakan kepada wartawan bahwa dia "sangat gugup" datang ke Venesia untuk mempromosikan film independennya "Memory", meskipun dia mendapat izin dari serikat pekerja untuk hadir.

"Beberapa orang di tim saya menyarankan saya untuk tidak melakukannya," kata Chastain, sambil menambahkan bahwa dia memutuskan untuk datang memberikan dukungan vokal kepada Screen Actors Guild (SAG) dan American Federation of Television and Radio Artists (AFTRA), seperti yang dilansir dari Reuters, Minggu (10/9/2023).

Para aktor melakukan pemogokan pada bulan Juli, bergabung dengan para penulis yang mengundurkan diri pada bulan Mei, untuk menuntut situs streaming dan studio film memperbaiki kontrak mereka dan memberlakukan pembatasan pada penggunaan kecerdasan buatan.

“Saya di sini karena SAG-AFTRA telah secara eksplisit menyatakan dengan jelas bahwa cara untuk mendukung pemogokan adalah dengan memposting di media sosial, mengikuti garis piket dan bekerja serta mendukung proyek-proyek perjanjian sementara,” kata Chastain.

Pemogokan tersebut telah menutup produksi televisi dan film di Hollywood, namun beberapa proyek yang tidak berafiliasi dengan studio besar, seperti "Memory", menerima izin untuk terus bekerja atau melakukan promosi normal jika mereka mematuhi tuntutan serikat pekerja terbaru.

Solidaritas

Direktur artistik Venesia, Alberto Barbera, memperkirakan bahwa hanya tiga aktor dari 23 film yang berkompetisi tidak akan bisa datang ke festival karena pemogokan tersebut.

Itu berarti orang-orang seperti Emma Stone, Michael Fassbender dan Bradley Cooper, masing-masing bintang "Poor Things", "The Killer" dan "Maestro", tidak muncul, seperti yang diperkirakan.

Namun, banyak artis papan atas lainnya dalam produksi kecil atau asing juga tidak hadir, termasuk Lea Seydoux, Penelope Cruz, dan Liam Neeson. Tidak ada alasan resmi yang diberikan, namun salah satu orang dalam festival mengatakan dia yakin hal itu dilakukan karena solidaritas.

Sejumlah film independen, seperti "Origin" karya Ava DuVernay, juga tidak menampilkan aktor-aktor dengan bayaran tertinggi karena produsernya belum menandatangani tuntutan serikat pekerja terbaru, karena khawatir hal ini akan menghambat mereka dalam mencari kesepakatan distribusi.

Tanpa para aktornya, para sutradara lah yang paling banyak bicara dan sering ditanyai tentang perselisihan tersebut.

Beberapa dari mereka menyatakan dukungan penuh terhadap penghentian tersebut. “Saya sepenuhnya mendukung kerja keras serikat pekerja untuk memperjuangkan kompensasi yang adil,” kata Sofia Coppola, di Venesia untuk pemutaran perdana film terbarunya “Priscilla”.

Sementara Sutradara lain kurang berterus terang.

"Saya tidak bisa mengatakan saya punya jawaban atau saran nyata," kata Wes Anderson, yang membawakan film pendeknya "The Wonderful Story of Henry Sugar", tetapi harus berjalan di karpet merah tanpa pemerannya, termasuk Benedict Cumberbatch, Dev Patel dan Ben Kingsley.

Beberapa aktor yang hadir di festival tersebut mengenakan kaos yang mempromosikan pemogokan, begitu pula presiden juri utama, sutradara pemenang Oscar Damien Chazelle.

Saat dirinya mengenakan kaos serikat pekerja, Chastain mengatakan pada hari Jumat bahwa para aktor sering merasa harus diam untuk menjaga prospek pekerjaan mereka di masa depan, namun menambahkan bahwa ini adalah sebuah kesalahan.

“Itu adalah lingkungan yang menurut saya telah membiarkan pelanggaran di tempat kerja tidak terkendali selama beberapa dekade. Dan juga lingkungan yang membebani anggota serikat saya dengan kontrak yang tidak adil,” katanya kepada wartawan.

(DEL)

Baca Juga

Rekomendasi