Daftar Pemenang Oscar 2023: 'Everything Everywhere All at Once' Menang Besar

Daftar Pemenang Oscar 2023: 'Everything Everywhere All at Once' Menang Besar
Pemenang Oscar 2023 (AP)

Analisadaily.com, Los Angeles - Drama "Everything Everywhere All at Once" telah keluar sebagai pemenang di Oscar ke-95 tahun 2023. Memimpin nominasi dengan 11, drama komedi multiverse ini menjadi pemenang terbesar setelah meraih 7 kemenangan pada upacara, Senin (13/3).

Film absurd Daniels meraih gong yang didambakan untuk Film Terbaik, menyisihkan pesaing lain yang meliputi "All Quiet on the Western Front", "Avatar: The Way of Water", "The Banshees of Inisherin", "Elvis", "The Fabelmans", " Tar ", "Top Gun: Maverick ", "Triangle of Sadness" dan "Women Talking".

Beberapa menit sebelumnya, Michelle Yeoh diumumkan sebagai pemenang Aktris Terbaik untuk perannya sebagai Evelyn Quan Wang.

"Jangan biarkan siapa pun memberitahumu, kamu sudah melewati masa jayamu!," serunya dalam pidatonya, sambil berterima kasih kepada keluarga dan teman-temannya serta para pemeran dan kru film tersebut. Dia hanya wanita kulit berwarna kedua yang memenangkan penghargaan.

Tadi malam, Ke Huy Quan dan Jamie Lee Curtis memenangkan penghargaan Aktor Pendukung Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik. Ini adalah Academy Award pertama untuk Yeoh, Quan dan Curtis, karena Yeoh dan Quan membuat sejarah sebagai dua aktor Asia pertama yang menang di tahun yang sama.

"Everything Everywhere" membawa pulang tiga penghargaan lainnya dalam kategori Sutradara Terbaik dan Skenario Asli Terbaik untuk Daniel Kwan dan Daniel Scheinert, serta Penyuntingan Film Terbaik untuk Paul Rogers.

Sedangkan gong Aktor Terbaik jatuh kepada Brendan Fraser untuk perannya dalam "The Whale".

"Jadi seperti inilah multiverse itu!" dia menyindir di atas panggung, berterima kasih kepada sutradara Darren Aronofsky karena "memberi saya garis hidup yang kreatif," kata Fraser dilansir dari Aceshowbiz.

Film ini memenangkan penghargaan lain untuk Tata Rias dan Tata Rambut Terbaik.

Film lain yang meraih banyak penghargaan malam itu adalah " All Quiet on the Western Front ", yang dinobatkan sebagai Film Fitur Internasional Terbaik selain memenangkan Skor Asli Terbaik, Desain Produksi Terbaik, dan Sinematografi Terbaik.

" Guillermo del Toro's Pinocchio " dinobatkan sebagai Film Fitur Animasi Terbaik, dengan "Top Gun: Maverick" memenangkan Suara Terbaik, "Avatar: The Way of Water" meraih satu untuk Efek Visual Terbaik dan "Black Panther: Wakanda Forever" membawa pulang Kostum Terbaik Desain.

Ruth E. Carter, yang mendapat penghargaan atas karyanya di sekuel "Black Panther", mengukir sejarah sebagai wanita kulit hitam pertama yang memenangkan dua Oscar. Dia memenangkan Academy Award pertamanya untuk karyanya di film Black Panther pertama.

Dalam pidatonya, dia berterima kasih kepada Academy of Motion Picture Arts and Sciences karena mengakui pahlawan super yang adalah wanita kulit hitam ini. Dia kemudian memberikan penghormatan kepada ibunya, yang meninggal awal minggu ini.

"Dia bertahan, dia mencintai, dia mengatasi. Dia adalah setiap wanita dalam film ini. Dia adalah ibuku," kata Carter.

"Naatu Naatu" dari "RRR" memenangkan Best Original Song, mengalahkan "Applause" dari "Tell It Like a Woman", "Hold My Hand" dari "Top Gun: Maverick", "Lift Me Up" dari "Black Panther: Wakanda Forever" serta "This Is a Life" from "Everything Everywhere All at Once".

Sementara itu, "The Banshees of Inisherin", "Elvis" dan "The Fabelmans" pulang dengan tangan kosong meski dipuji di acara penghargaan sebelumnya.

Berikut daftar lengkap pemenang Academy Awards ke-95:

Best Picture: "Everything Everywhere All at Once"

Best Director: Daniel Kwan and Daniel Scheinert – "Everything Everywhere All at Once"

Best Actor: Brendan Fraser - "The Whale"

Best Actress: Michelle Yeoh - "Everything Everywhere All at Once"

Best Supporting Actor: Ke Huy Quan – "Everything Everywhere All at Once"

Best Supporting Actress: Jamie Lee Curtis – "Everything Everywhere All at Once"

Best Original Screenplay: "Everything Everywhere All at Once" – Daniel Kwan and Daniel Scheinert

Best Adapted Screenplay: "Women Talking" – Sarah Polley; based on the novel by Miriam Toews

Best Animated Feature Film: "Guillermo del Toro's Pinocchio"

Best International Feature Film: "All Quiet on the Western Front" (Germany)

Best Documentary Feature: "Navalny"

Best Documentary Short Subject: "The Elephant Whisperers"

Best Live Action Short Film: "An Irish Goodbye"

Best Animated Short Film: "The Boy, the Mole, the Fox and the Horse"

Best Original Score: "All Quiet on the Western Front"

Best Original Song: "Naatu Naatu" from "RRR"

Best Sound: "Top Gun: Maverick"

Best Production Design: "All Quiet on the Western Front"

Best Cinematography: "All Quiet on the Western Front"

Best Makeup and Hairstyling: "The Whale"

Best Costume Design: "Black Panther: Wakanda Forever"

Best Film Editing: "Everything Everywhere All at Once"

Best Visual Effects: "Avatar: The Way of Water"

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi