Dosen USU Latih Guru dan Siswa SMAN 1 Dolok Batu Nanggar Gunakan Aplikasi Komputer Akuntansi

Dosen USU Latih Guru dan Siswa SMAN 1 Dolok Batu Nanggar Gunakan Aplikasi Komputer Akuntansi
Dosen USU Latih Guru dan Siswa SMAN 1 Dolok Batu Nanggar. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Dolok Batu Nanggar - Dosen Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kemitraan Mono tahun Reguler 2023, di SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar Jalan Sisingamangaraja No. 1 Serbelawan, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Selasa (19/9).

PKM yang diketuai Dr. Amlys Syahputra Silalahi, M.Si dengan anggota Andrew Satria Lubis, M.Si, Muhammad Arif Lubis, M.Si, dan Windi Astuti, M.Si, serta melibatkan mahasiswa USU, Farid Haikal Nst, Elvin Lubis, dan Dita Lisri Hasana Gulo untuk membantu jalannya program PKM dengan tema “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Komputer Akuntansi”.

Tujuan pengabdian ini guna memahami penggunaan aplikasi komputer akuntansi dengan lebih mendalam, dan mengolah data serta informasi mengenai akuntansi yang digunakan untuk membuat laporan keuangan suatu perusahaan.

"Aplikasi komputer tersebut menggunakan teknologi sebagai media menangani hal-hal yang berkaitan dengan akuntansi serta mendorong pembelajaran aktif bagi siswa,“ ujar Ketua PKM Dr. Amlys Syahputra Silalahi, M.Si kepada Analisa, Kamis (21/9) mengenai pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan tersebut.

Selama ini, lanjutnya, siswa mempelajari mata pelajaran akuntansi dari buku dan program excel yang dibimbing guru. SEhingga penerapan masih menggunakan metode seperti biasanya. Jadi melalui kegiatan PKM ini dengan pelatihan aplikasi komputer akuntansi yaitu, Accurate Online merupakan software akuntansi membantu siswa membangun pemahaman yang kokoh tentang konsep-konsep akuntansi dengan untuk mengolah data transaksi perusahaan secara langsung atau konkret dan lainnya.

"Pendekatan ini juga dapat melatih siswa dan memotivas agar adaptif dengan kemajuan teknologi (era digital) yang nyata dan relevan bagi siswa," katanya mengakhiri.()

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi