Rudal Rusia Hantam Cafe dan Toko di Hroza, 51 Orang Meninggal Dunia

Rudal Rusia Hantam Cafe dan Toko di Hroza, 51 Orang Meninggal Dunia
Tim penyelamat bekerja di lokasi serangan militer Rusia di desa Hroza, di wilayah Kharkiv, Ukraina, 5 Oktober 2023. (Reuters/Vyacheslav Madiyevskyy)

Analisadaily.com, Hroza - Sebuah rudal Rusia menghantam sebuah kafe dan toko kelontong di sebuah desa di timur laut Ukraina pada Kamis (5/10), menewaskan 51 orang saat berkumpul untuk berduka atas gugurnya tentara Ukraina.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, mengatakan insiden itu adalah serangan yang disengaja terhadap warga sipil dan bukan serangan membabi buta. Tumpukan besar batu bata, pecahan logam dan bahan bangunan masih tersisa di kafe dan toko yang diserang pada sore hari di desa Hroza di wilayah Kharkiv.

"Serangan tersebut adalah yang paling mematikan di wilayah Kharkiv sejak invasi Rusia lebih dari 19 bulan lalu," kata seorang pejabat regional kepada lembaga penyiaran publik Suspilne.

Serangan ini juga tampaknya menjadi salah satu korban tewas warga sipil terbesar dalam setiap serangan yang dilakukan Rusia.

Polisi daerah mengatakan kepada televisi nasional bahwa jumlah korban tewas mencapai 51 orang, dengan enam orang terluka dan tiga orang hilang. Beberapa dari mereka adalah pelayat yang berkumpul di kafe setelah kebaktian untuk seorang prajurit desa yang gugur.

“Serangan rudal yang disengaja terhadap sebuah desa di wilayah Kharkiv terhadap sebuah toko dan kafe biasa,” kata Zelenskiy dalam pidato video malamnya, yang disampaikan saat menghadiri pertemuan puncak Komunitas Politik Eropa di Spanyol.

“Tentara Rusia mungkin tidak menyadari di mana mereka menyerang. Ini bukan serangan membabi buta," ucap dia dilansir dari Reuters, Jumat (6/10).

Moskow tidak segera mengomentari kejadian di Hroza. Moskow membantah sengaja menargetkan warga sipil, namun banyak yang tewas dalam serangan yang melanda daerah pemukiman serta fasilitas energi, pertahanan, pelabuhan, gandum, dan fasilitas lainnya.

Desa itu terletak di dekat kota Kupiansk, yang direbut kembali oleh pasukan Ukraina akhir tahun lalu dan dekat dengan salah satu garis depan perang.

Zelenskiy mengatakan seorang anak laki-laki berusia enam tahun termasuk di antara korban tewas dan pejabat daerah mengatakan banyak keluarga yang tetap tinggal di desa tersebut meskipun ada perintah untuk mengungsi pada masa perang.

Petugas penyelamat berhasil melewati gundukan puing dan meletakkan mayat-mayat di lapangan dekat taman bermain anak-anak.

Beberapa dimasukkan ke dalam kantong jenazah berwarna putih dan dibawa pergi. Yang lainnya hampir tidak tertutup karpet atau bahan lain, dengan tangan yang menonjol keluar.

“Sulit untuk membicarakan hal ini, tetapi kami hanya menemukan potongan-potongan dan sisa-sisa jenazah. Kami akan menggunakan laboratorium DNA untuk mengidentifikasi mayat-mayat tersebut," kata penyelidik polisi daerah, Serhiy Bolvinov.

Rudal tersebut ditembakkan pada saat upacara pemakaman kembali seorang tentara yang tewas dalam aksi di tempat lain di kampung halamannya.

"Ketika dia meninggal, kami berada di bawah pendudukan. (Keluarga) memutuskan untuk menguburkannya kembali, membawanya pulang. Lalu ini terjadi. Ada yang mengkhianati kita. Serangannya tepat, semuanya mendarat di kedai kopi," kata warga Oleksandr Mukhovatyi.

Mukhovatyi mengatakan ibu, saudara laki-laki, dan saudara iparnya termasuk di antara korban tewas.

Jaksa mengatakan kepada lembaga penyiaran publik Suspilne bahwa putra tentara yang menjalani pemakaman kembali – juga seorang tentara – juga tewas dalam serangan itu, bersama dengan istri dan ibu dari anak tersebut.

Menteri Dalam Negeri Ihor Klymenko mengatakan para pejabat setempat sedang duduk untuk makan ketika rudal tersebut menyerang.

“Dari setiap keluarga, dari setiap rumah tangga, ada orang yang hadir pada peringatan ini. Ini adalah tragedi yang mengerikan,” kata Klymenko kepada televisi Ukraina.

Klymenko mengutip informasi awal yang menurutnya menunjukkan serangan itu dilakukan dengan rudal balistik Iskander.

Dia mengatakan serangan itu jelas ditargetkan dan dinas keamanan Ukraina telah melakukan penyelidikan mengenai masalah tersebut.

“Para teroris sengaja melakukan penyerangan pada jam makan siang, untuk memastikan jumlah korban yang maksimal. Tidak ada sasaran militer di sana. Ini adalah kejahatan keji yang dimaksudkan untuk menakut-nakuti warga Ukraina," kata Menteri Pertahanan Rustem Umerov.

Rusia telah sering melakukan serangan udara sejak awal invasinya. Ukraina telah melancarkan serangan balasan di selatan dan timur yang menurutnya secara bertahap mengalami kemajuan.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi