AR Gelar Pelatihan Dasar Peningkatan Kompetensi Petani Aktor Milenial Tapsel

AR Gelar Pelatihan Dasar Peningkatan Kompetensi Petani Aktor Milenial Tapsel
Para aktor petani milenial Tapsel diabadikan di sela-sela mengikuti pelatihan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sipirok - PT Agincourt Resources (AR), Pengelola Tambang Emas Martabe bersama Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi mengadakan pelatihan dasar peningkatan kompetensi Petani Aktor Milenial Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) di Syaakira View and Resto, Aek Sabaon Kecamatan Marancar, Tapsel, Minggu, (15/10).

Manager Community Depelovment PT AR Rohani Simbolon mengatakan, PT AR mencoba membangkitkan kewirausahawan sebanyak 15 petani aktor milenial Tapsel sekaligus menjadi contoh atau motor penggerak regenerasi petani di daerahnya masing-masing dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional.

"Kiranya dari pelatihan berfokus pada penemuan dan penumbuhan para aktor yang telah dibekali ilmu mulai 9-15 Oktober ini mampu mengembangkan agribisnis yang pada gilirannya membuka peluang kerja lokal," ujarnya.

Dikatakan, PT AR berkeinginan melalui usaha manager dan inovatif petani aktor ini nantinya ke depan seluruh lahan-lahan tidur di wilayah Tapsel bisa lebih produktif dan produktivitas serta pendapatan petani meningkat.

"Justru itu, kita komit mendorong serta mendukung tumbuhnya petani aktor di Tapsel agar dapat menggali aktor aktor lainnya untuk pengembangan komoditas unggulan daerah masing-masing (one vilage one produk)," katanya.

Sementara Muhammad Taufiqur Rahman, Widyaiswara bersama Nugroho Setiyo Wibowo, Subkor Program dan Kerjasama, keduanya dari Bapeltan Jambi mengatakan, Petani Aktor Milenial merupakan program pemerintah.

"Terima kasih kepada PT AR yang telah membantu pemerintah (meregenarasi petani) termasuk di daerah Tapsel untuk melahirkan aktor aktor petani di Tapanuli Selatan,"ujarnya.

Menurut keduanya pelatihan dasar ini penting untuk pengembangan kapasitas SDM petani aktor milenial untuk menggenjot produktivitas dan menumbuhkembangkan usaha pertanian Tapsel khususnya.

"Pelatihan ini juga salah satu dari tiga pilar tugas pokok Kementerian Pertanian yang dilaksanakan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP). PT AR sudah mewujudkannya dan patut diapresiasi,"katanya.

Herman Harahap salah satu perseta pelatihan dasar petani aktor milenial asal Sipirok mengatakan, banyak ilmu yang berharga untuk diaplikasikan dalam mengembangkan usaha agribisnis yang digeluti

"Karenanya terima kasih PT AR yang telah memberi kesempatan bagi kami petani aktor petani juga Bapeltan Jambi yang telah menularkan ilmunya demi majunya usaha pertanian Tapsel," ujarnya.

Sebelumnya PT AR menyerahkan hadiah total Rp100 juta dalam bentuk pengembangan usaha pertanian kepada 15 Petani Aktor Milenial Kabupaten Tapsel.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi