CIMB Niaga dan Pemko Medan Kerja Sama Dukung Digitalisasi UMKM melalui OCTO Merchant

CIMB Niaga dan Pemko Medan Kerja Sama Dukung Digitalisasi UMKM melalui OCTO Merchant
Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Noviady Wahyudi, dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, pada acara penandatanganan MoU terkait kerja sama Pembinaan dan Pengembangan UMKM di Kota Medan, Rabu (18/10) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - CIMB Niaga menjalin kerja sama Dinas Koperasi UKM Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan) dalam bidang pembinaan dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Peresmian kerja sama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Noviady Wahyudi, dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, di Tiara Convention Center, Kota Medan, Rabu (18/10).

Dalam kerja sama ini, CIMB Niaga menyediakan aplikasi OCTO Merchant untuk mendukung percepatan digitalisasi merchant UMKM, meningkatkan literasi transaksi non tunai, dan memperluas penerimaan Quick Rensponse Code Indonesian Standard (QRIS) bagi UMKM binaan Pemko Medan.

OCTO Merchant merupakan aplikasi mobile dari CIMB Niaga yang dikhususkan untuk mendukung transaksi pembayaran bagi merchant yang telah bekerjasama dengan CIMB Niaga.

Pada kesempatan tersebut, Noviady Wahyudi menyatakan, CIMB Niaga merasa terhormat dapat menjalin kerja sama Pemko Medan yang memiliki perhatian besar dalam pengembangan UMKM.

Kerja sama ini sejalan dengan upaya pihaknya untuk terus mendukung pemerintah dalam menyediakan fasilitas pembayaran secara digital, memperluas inklusi keuangan, dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian. CIMB Niaga percaya, kolaborasi kedua institusi ini akan memberikan manfaat besar untuk para pelaku UMKM.

“Kami mendorong para pemilik merchant UMKM untuk menggunakan OCTO Merchant yang memiliki banyak keunggulan. Antara lain, aplikasi mudah digunakan, dapat menerima pembayaran dari berbagai aplikasi uang elektronik/perbankan melalui QRIS, info promo yang lengkap, hingga menyediakan laporan penjualan terkini yang bisa dilihat secara real-time sehingga proses administrasi penjualan semakin mudah dan efisien,” kata Noviady.

Adapun bagi merchant UMKM yang tertarik untuk menggunakan OCTO Merchant dapat mengunduh aplikasi OCTO Merchant di Play Store dan melakukan pendaftaran dengan menggunakan fitur Online Onboarding di OCTO Merchant.

Proses pendaftaran menggunakan fitur tersebut mudah dan dapat dilakukan secara self service tanpa bantuan tenaga sales atau ke kantor cabang, prosesnya juga cepat, dapat langsung menerima transaksi QRIS, dan praktis karena menggunakan aplikasi tanpa perlu mesin Electronic Data Capture (EDC).

Berdasarkan data Bank Indonesia per Juni 2023, pengguna QRIS di Indonesia telah mencapai 26,7 juta merchant, dengan 91,4% dari jumlah tersebut yaitu UMKM.

“Tentunya dengan edukasi dan akuisisi merchant yang terus kami lakukan, diharapkan jumlah merchant yang menggunakan QRIS ke depan akan semakin meningkat, sehingga masyarakat pun semakin mudah bertransaksi secara non tunai,” tandas Noviady.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi