Dolly Pasaribu: Perkuat Benteng Diri dengan Ilmu Agama

Dolly Pasaribu: Perkuat Benteng Diri dengan Ilmu Agama
Dolly Pasaribu: Perkuat Benteng Diri dengan Ilmu Agama (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Angkola Timur - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu menyerukan kepada para generasi muda (pelajar) untuk memperkuat benteng diri dengan ilmu agama.

"Hal terpenting yang dilakukan para santri adalah memperkuat pilar agama sebagai wujud untuk memegang dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia," katanya dalam peringatan Hari Santri tahun 2023 di Lapangan SMPN 1 Angkola Timur, Selasa (24/10).

Sementara dalam amanat tertulis Pj. Gubernur Sumatera Utara Hasanuddin yang dibacakan Bupati Dolly Pasaribu disebutkan, untuk menghormati dan meneladani semangat jihad para ulama dan santri melalui resolusi jihad dalam melawan penjajahan pasca proklamasi yang dicetuskan melalui fatwa KH. Hasyim Asy'ari.

"Isinya diantaranya hukum memerangi penjajah yang merintangi kemerdekaan RI adalah fardhu'ain dan hukum orang yang meninggal dalam melawan penjajah adalah mati syahid," ujarnya.

Lebih lanjut Dolly mengatakan, memaknai "jihad" bukanlah sebatas pertempuran fisik melainkan dengan memerangi kebodohan, kemiskinan, berita bohong (hoaks), serta semua bentuk kemungkaran.

"Sebagai santri, diharapkan tidak hanya mewajibkan memahami ajaran agama dengan baik, akan tetapi juga bertanggungjawab untuk menerapkan nilai-nilai agama dalam setiap tindakan dan perilaku sehari-hari, dan mampu menjadi pembawa kemaslahatan serta keteladanan ditengah-tengah masyarakat," ucapnya.

Peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Tapsel ini dirangkai dengan Tabligh Akbar oleh Al Ustaz H. Hasanuddin Tanjung, LC, dihadiri Forkopimda, Sekda, para pimpinan OPD, para Ormas Islam, dan santri.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi