Sumut Bersatu: UAS, Edy Rahmayadi, hingga Anak-anak Berdonasi Bantu Palestina, Terkumpul Rp 1,2 Miliar

Sumut Bersatu: UAS, Edy Rahmayadi, hingga Anak-anak Berdonasi Bantu Palestina, Terkumpul Rp 1,2 Miliar
Sumut Bersatu atas Duka Palestina di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, Jalan William Iskandar, Pancing, Deliserdang, Minggu (26/11) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Gubernur Sumatera Utara 2018-2023 ikut berdonasi membantu warga Gaza Palestina yang dibombardir Israel.

Donasi ke Palestina itu digelar dalam acara bertajuk Sumut Bersatu atas Duka Palestina di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, Jalan William Iskandar, Pancing, Deliserdang, Minggu (26/11).

Adapun UAS langsung merogoh sejumlah lembaran uang dari dompetnya dan memasukkannya ke dalam kantung bantuan yang disodorkan panitia acara.

Kemudian panitia lewat pengeras suara mengumumkan jumlah bantuan yang diserahkan Edy Rahmayadi sebanyak Rp 50 juta. Puluhan ribu jamaah yang memadati Gedung Serbaguna itu menyambutnya dengan takbir.

Selama acara berlangsung, donasi dana terus berdatangan, baik dari perorangan, maupun dari kelompok atau pun lembaga, termasuk dari simpul-simpul pengajian.

Selain diserahkan langsung oleh jamaah kepada panitia yang menjalankan kantung bantuan, ada juga bantuan dana yang langsung ditransfer ke rekening panitia.

Tidak hanya uang tunai, sejumlah jamaah juga berkenan menyumbangkan perhiasan emasnya berupa gelang, kalung dan cincin, yang nantinya akan diuangkan.

UAS di sela ceramah yang menekankan kewajiban membantu Palestina, berkali-kali mengumumkan setiap ada jumlah bantuan yang masuk dengan jumlah yang bervariasi.

Salah satu yang mendapat perhatian jamaah adalah Mujahidah, anak perempuan kelas 4 SD yang datang mengantarkan langsung bantuannya, berupa tumpukan uang koin yang ia tabungan selama ini.

"Mujahidah, mau diserahkan ke Palestina. Ini kalau dibawa segini, dipukulkan ke kepala orang Israel, mati langsung, kalian pikir ringan ini," canda UAS.

Tak hanya Mujahidah, anak dari Ketua Bapera Sumut Abdul Rahman yang akrab disapa Dedek Keling dan juga sejumlah anak jamaah, turut menyerahkan bantuan uang.

Jika belum lama ini di Riau bantuan untuk Palestina yang digalang UAS bersama jamaah sekitar Rp 12 miliar, maka di Sumut pun UAS yakin akan terkumpul lebih dari jumlah tersebut.

"Amin Ya Rabbal Alamin," ujar UAS.

Oleh Ketua Panitia Acara Sumut Bersatu atas Duka Palestina, Azhari Marzuqie Nasution, semua bantuan akan dikirim ke Palestina melalui Baznas Sumut.

"Dan donasi dana tidak berhenti sampai di sini. Kita masih membuka sampai 10 hari ke depan, baik lewat transfer ke rekening panitia atau pun diserahkan langsung ke panitia," ujar Azhari, sembari menyebutkan uang yang terkumpul pada acara itu sebanyak Rp 1,2 miliar lebih.

Azhari didampingi Sekretaris Yulidar Bugis dan Bendahara Ina Hedra menyampaikan terima kasih atas kepedulian jamaah yang hadir maupun warga Sumut yang telah memberikan donasi dana ke Palestina.

"Atas nama panitia, kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua jamaah yang berkenan hadir di acara ini, dan semoga bantuan ini nantinya dapat membantu saudara-saudara kita di Palestina, dan kiranya Allah SWT yang membalaskan kebaikan kepada semuanya yang telah membantu," ujar Azhari.

Hadir pada acara itu, di antaranya Tokoh Masyarakat yang juga Gubernur Sumut 2018-2023 Edy Rahmayadi, Ulama Hafizh Keturunan Palestina yang juga Ketua Persatuan Dai Lebanon Syekh Ayyu Mussa An Nu'aini Al Husaini dan Aktivis Kemanusiaan asal Indonesia yang menetap di Gaza, Muhammad Hussein Gaza.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi