Kini, Asuransi Jiwa Syariah Gratis Disediakan untuk Warga Sumut

Kini, Asuransi Jiwa Syariah Gratis Disediakan untuk Warga Sumut
Kini, Asuransi Jiwa Syariah Gratis Ada di Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan – Setelah sukses melangsungkan kegiatan roadshow di pulau Jawa, Allianz Syariah melanjutkan rangkaian perjalanan ke Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Rangkaian ini merupakan bentuk komitmen Allianz Syariah dalam menjangkau dan mengasuransikan lebih banyak masyarakat Indonesia untuk semakin terlindungi dengan layanan proteksi syariah kelas dunia, khususnya bagi masyarakat Sumut, khususnya di Medan.

Potensi pengembangan ekonomi syariah di Sumut masih cukup luas, mengingat keunggulan komparatif yaitu mayoritas masyarakatnya beragama Islam 66,43%.

Hal tersebut tentunya berkesinambungan dengan kebutuhan masyarakat akan prinsip gaya hidup halal dan nilai-nilai yang dipegang.

Semua komponen yang berkaitan dengan ekosistem ekonomi syariah harus berupaya bersama dan bergerak secara sinergi untuk mencapai tujuan bersama.

Salah satu industri yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi syariah di Sumut adalah asuransi syariah yang terus berkembang.

Achmad K. Permana, Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Rabu (6/12),menuturkan, “Berangkat dari melihat kebutuhan proteksi masyarakat yang sangat beragam dan pertumbuhan ekonomi syariah di Sumut yang terus meningkat, Allianz Syariah sebagai entitas baru hadir untuk menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia, khususnya Sumut, dengan menyediakan akses perlindungan kelas dunia dan semangat berbagi kebaikan yang menguatkan dengan nilai-nilai kebaikan syariah di dalamnya.”

Melalui SK Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Sumatera Utara dengan nomor 188.44/121/KPTS/2023, Pemerintah pusat menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam upaya pengembangan ekonomi syariah daerah yang memiliki komitmen dan semangat besar dalam pengembangan ekonomi syariah di daerahnya.

KDEKS berfungsi sebagai katalisator, wadah sinergi dan kolaborasi untuk mempercepat, memperluas, dan mengembangkan ekonomi syariah di regional, sehingga mendatangkan dampak yang signifikan untuk penguatan dan pemulihan ekonomi nasional.

Adapun salah satu sektor yang mempercepat pengembangan ekonomi syariah adalah jasa keuangan dan asuransi.

Menyambut baik visi pemerintah dalam penguatan pertumbuhan keuangan dan asuransi yang berbasis syariah, Allianz Syariah melebarkan akses masyarakat dalam mendapatkan perlindungan optimal di Sumut dan sekitarnya.

Pada wilayah Sumut, Allianz Syariah mencatatkan jumlah pihak yang diasuransikan sebanyak lebih dari 70 ribu orang, dan untuk wilayah Medan sebanyak lebih dari 30 ribu orang.

Jumlah tersebut merupakan bukti komitmen dan bentuk kepercayaan masyarakat Sumut terhadap Allianz Syariah sebagai proteksi masa depan mereka.

Pada kesempatan ini, turut hadir dalam acara Allianz Syariah Launching Road Show di Medan yakni Ketua Umum MUI Sumut, Dr. H. Maratua Simanjuntak.

Maratua dalam sambutannya menyampaikan, dalam dunia ekonomi, perpindahan ekonomi konvensional dan syariah tidak banyak perbedaan, begitu pula dengan asuransi syariah. Perbedaan sekaligus kelebihan dari asuransi syariah terletak pada akad di awal pembelian polis.

Dengan adanya akad, diharapkan untuk seluruh instansi yang menggunakan nama syariah, termasuk Allianz Syariah dapat menjaga amanah dan menjalankan fungsi serta perannya sesuai syariat.

Utamanya, Allianz Syariah dapat memberikan rasa aman dan nyaman melalui penyediaan produk perlindungan asuransi jiwa syariah bagi nasabah dengan nilai-nilai kebaikan.

Aspek literasi di Sumut menunjukkan indeks literasi ekonomi syariah Indonesia masih pada posisi 23,3 persen menjadi landasan kuat bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan ekonomi syariah, khususnya asuransi syariah.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin saat meresmikan Allianz Syariah.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Republik Indonesia juga mengingatkan pentingnya mendorong tingkat literasi masyarakat terhadap asuransi syariah.

“Harapannya, seiring dengan meningkatnya pemahaman akan prinsip-prinsip serta pentingnya proteksi asuransi, kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan produk asuransi, utamanya asuransi syariah, juga semakin meningkat,” sebutnya.

Bentuk dukungan dan buktinya nyata Allianz Syariah dalam membantu peningkatan literasi dan penetrasi asuransi dengan meluncurkan program perlindungan asuransi jiwa syariah untuk 10.000 orang yang disebar ke berbagai wilayah Indonesia, salah satunya di Medan.

Asuransi yang dibagikan secara gratis tersebut merupakan produk asuransi jiwa mikro syariah Sekoci Amanah. Adapun manfaat perlindungan jiwa sebesar Rp 2 juta selama 6 bulan, yang memberikan manfaat bagi ahli waris agar dapat kembali menata rencana masa depan walaupun peran dari pencari nafkah yang merupakan peserta asuransi sudah meninggal dunia.

Pada kesempatan yang sama, gerakan pencanangan ini diberikan kepada komunitas-komunitas di Medan yakni, BAZNAS Provinsi Sumut, Dompet Dhuafa Waspada Sumut, Rumah Zakat Perwakilan Sumut.

Kemudian Komunitas Honda PCX Club Indonesia Chapter Medan, Paguyuban Pengemudi GOJEK Area Kota Medan, Paguyuban UMKM Kantin Jabal Noor dan Ibu-Ibu Perwiritan Nurul Iman, sebagai wujud nyata tanggung jawab Allianz Syariah dalam melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia dengan nilai-nilai kebaikan yang menguatkan.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi