Pentingnya Komunikasi Digital di Tempat Kerja

Pentingnya Komunikasi Digital di Tempat Kerja
Ilustrasi Komunikasi. (Analisadaily/Istimewa)

Oleh: Iqbal Agustia Miransyah, Fitri Dwiana, Siti Putri Lutfiyyah*

KOMUNIKASI digital adalah proses pengiriman informasi melalui perangkat digital seperti email, media social, video call, forum online, podcast dan platform kolaborasi, dari satu individu ke individu lainnya. Di era digital ini, komunikasi menjadi semakin krusial. Begitu banyak manfaat komunikasi digital, seperti kemampuan menjangkau secara luas dengan upaya yang minimal, efektivitas dan efisiensi komunikasi, dan konektivitas dengan individu dari berbagai penjuru dunia.

Manfaat Komunikasi Digital di Tempat Kerja

  1. Peningkatan Fleksibilitas
Keberhasilan suatu perusahaan di era digital saat ini sangat ditentukan oleh fleksibilitasnya. Seiring dengan peningkatan fleksibilitas, muncul kebutuhan akan alur kerja yang memiliki tingkat fleksibilitas. Menurut Lembaga Survei Gallup (2023), pekerja yang bekerja di kantor memiliki keterlibatan jauh lebih rendah dibandingkan pekerja yang bekerja secara hybrid. Fleksibilitas memberi kebebasan memilih lingkungan kerja yang sesuai kebutuhan dan preferensi individu mereka, baik itu di kantor, di rumah, atau di lokasi lain.

  1. Membentuk Budaya Kolaboratif
Alat komunikasi digital seperti Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams memfasilitasi kolaborasi tim dengan menyediakan fitur-fitur seperti berbagi layar, kolaborasi dokumen secara online, dan ruang obrolan. Pada survey Tiny Pulse (2020), 33% milenial menginginkan ruang kerja yang kolaboratif sehingga anggota tim dapat bekerja bersama secara efisien, bahkan jika mereka tidak berada di lokasi yang sama. Selain itu, pemanfaatan platform kolaborasi juga mendukung peningkatan transparansiketerlibatan aktif karyawan, memperkuat nilai-nilai kerjasama dan semangat tim.

  1. Mengurangi Biaya Operasional
Komunikasi digital dapat mengurangi biaya operasional karena memanfaatkan teknologi informasi untuk mentransmisikan informasi tanpa memerlukan media fisik.Penelitian "The Global State of Remote Work" oleh Owl Labs tahun 2021 mencatat bahwa penggunaan konferensi video dan alat kolaborasi digital telah menjadi kunci dalam mengurangi biaya perjalanan bisnis dan memfasilitasi kerja jarak jauh. Sebagai contoh, penggantian rapat fisik dengan Zoom merupakan implementasi nyata yang dapat mengurangi biaya perjalanan dan waktu. Selain mempercepat alur kerja, komunikasi digital juga membawa efisiensi yaiut penghematan biaya operasional yang signifikan.

  1. Meningkatkan Produktivitas Karyawan
Komunikasi digital membawa dampak positif terhadap produktivitas karyawan. Survey yang dilakukan McKinsey (2021) menyatakan dengan menggunakan teknologi digital, meningkatkan produktivitas pekerja sebesar 20 hingga 25 persen. Penggunaan platform kolaborasi online seperti Google Workspace atau Microsoft Teams,membuat karyawan dengan cepat berkolaborasi dan mengakses dokumen kerja secara instan, sehingga lebih cepat dan tepat. Dengan memanfaatkan komunikasi digital, bekerja dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, sehingga dapat meningkatkan keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi karyawan, yang mendukung produktivitas jangka panjang.

  1. Peningkatan Kreativitas
Penelitian yang diterbitkan MIT Sloan Management Review dan Deloitte tahun 2019 menyoroti pentingnya akses cepat dan mudah terhadap informasi sehingga pendorong kreativitas di tempat kerja. Disebutkan bahwa komunikasi digital, termasuk alat kolaborasi dan platform berbasis cloud, mampu memberikan akses lebih cepat dan mudah terhadap data, pengetahuan, dan ide. Ketika karyawan dengan mudah berbagi informasi dan berkolaborasi secara real-time melalui alat-alat digital, mereka cenderung lebih terbuka terhadap ide-ide baru dan inovasi. Cepat mendapatkan masukan dari berbagai sumber, kapan pun dan di mana pun, memberikan dorongan signifikan pada kemampuan karyawan untuk bersifat kreatif. Dengan plaform komunitas global seperti Reddit, Discord, Quora dan Grup Facebook, komunikasi digital dapat memfasilitasi umpan balik instan dari komunitas global, memberikan peluang untuk pertumbuhan kreatif melalui respons dan pandangan yang beragam.

Perusahaan yang Sukses Menerapkan Komunikasi Digital

Microsoft adalah perusahaaan yang sukses menerapkan komunikasi digital dengan membuat Aplikasi Yammer sebagai platform internal untuk membangun komunikasi efektif. Dengan membangun Yammer yang mirip dengan media sosial, Microsoft berhasil menciptakan lingkungan kerja yang terbuka dan kolaboratif, dapat berbagi pengalaman, dan ide dengan efektif. Pendekatan ini bukan hanya meningkatkan kolaborasi, tetapi juga memperkuat ikatan antar karyawan, menciptakan atmosfer kerja yang dinamis dan mendukung. Keberhasilan Microsoft dalam mengadopsi Yammer sebagai alat komunikasi mencerminkan bagaimana perusahaan dapat menciptakan budaya komunikasi yang efektif untuk mengatasi tantangan di era disrupsi. Ini memberikan inspirasi bagi perusahaan lain untuk memanfaatkan inovasi dalam teknologi komunikasi digital guna mencapai daya saing.

Di era digital, komunikasi memegang peranan krusial, sehingga perlu di bangun penggunaan komunikasi digital di tempat kerja. Keunggulan komunikasi digital mencakup peningkatan fleksibilitas, budaya kolaboratif, pengurangan biaya operasional, peningkatan produktivitas karyawan, dan peningkatan kreativitas. Dengan platform seperti Zoom, Google Meet, WhatsApp, Discord, Reddit, Quora, Email, dan Yameer, perusahaan dapat mencapai efisiensi operasional yang lebih tinggi, dan menciptakan lingkungan kerja yang adaptif. Meski tantangan seperti risiko miskomunikasi antar karyawan masih muncul, keberhasilan perusahaan di masa digital ini sangat tergantung pada kemampuannya untuk mengadopsi dan mengintegrasikan komunikasi digital secara efektif. Komunikasi digital tidak hanya menjadi kebutuhan, tetapi juga kunci untuk meraih kesuksesan dalam menghadapi perubahan dan tuntutan bisnis yang terus berkembang.

*Penulis adalah Mahasiswa Master Ilmu Manajemen FEB USU. atas bimbingan Prof. Dr. Elisabet Siahaan, SE, M.Ec.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi