KPU Asahan Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

KPU Asahan Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara
Seorang disabilitas memasukkan surat suara ke dalam kotak suara pada simulasi pemungutan dan penghitungan suara, Selasa (26/12) (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asahan menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara, kegiatan berlangsung di halaman kantor KPU Asahan, Selasa (26/12).

Ketua KPU Kabupaten Asahan, Hidayat SP mengatakan adapun sampel simulasi pemungutan dan perhitungan suara itu dilakukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) IV Kelurahan Tegal Sari Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan.

“TPS 004 Kelurahan Tegal Sari kami ambil sebagai sampel," kata Hidayat.

Lebih lanjut Hidayat mengatakan, tujuan dari simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini memberikan sosialisasi pendidikan kepada masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisasi KPU terhadap masyarakat dan memberikan contoh untuk pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 14 Februari 2024 nanti," ujarnya.

Simulasi ini juga merupakan representasi semua tahapan secara detail proses dan kejadian pemungutan dan perhitungan suara di TPS.

"Tahapan simulasi itu kita mulai pada pagi hari dimana ketua KPPS melakukan pengambilan sumpah terhadap anggota KPPS kemudian mengecek logistik yang diterima dan selanjutnya memanggil dan memberikan surat suara kepada pemilih sudah mengisi daftar hadir yang terdaftar di DPT," jelasnya.

Setelah dilakukan pemungutan suara, kemudian dilanjutkan perhitungan suara, dimulai dari perhitungan surat suara Presiden dan Wakil Presiden.

“Perhitungan surat suara kita mulai dari surat suara Presiden Wakil Presiden dan terakhir DPRD Kabupaten Asahan," ujarnya.

Kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini dihadiri Komisioner KPU Asahan beserta jajaran sekretariat, perwakilan kepolisian, perwakilan partai politik, dan KPU Asahan juga mengundang dan mengajak komunitas disabilitas.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi