Anggaran Pilkada Palas Rp 34,6 Miliar Lebih

Anggaran Pilkada Palas Rp 34,6 Miliar Lebih
Anggaran Pilkada Palas Rp 34,6 Miliar Lebih (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Padanglawas - Sempat beberapa kali tertunda, penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Padanglawas (Palas) 2024 akhirnya ditandatangi antara KPUD dan Pemkab Palas.

Anggaran Pilkada Palas yang ditandatangani KPUD dan Pemkab Palas sebesar Rp 34.678.132.800, dan akan digunakan untuk menunjang kesuksesan pelaksanaan Pilkada 2024.

Penandatanganan NPHD Pilkada 2024 bersama KPU Palas berlangsung di ruang kerja Sekda Palas, di Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala, Sibuhuan, Jumat (5/1).

Penandatanganan NPHD ini berdasarkan surat edaran Mendagri Nomor : 900.1.9.1/435/SJ Tahun 2023 tentang pendanaan kegiatan Pilkada tahun 2024 dan instruksi Kemendagri dalam rakor percepatan penandatanganan NPHD terkait Pilkada.

Acara Penandatangan tersebut turut dihadiri Wakapolres Palas, Sugianto, Kajari Palas, Teuku Herizal, Sekda Palas, Arpan Nasution, serta Ketua KPU bersama Komisioner lainnya.

"Sudah ditandatangani NPHD Pilkada Padanglawas," kata Indra Sahbana Nasution, Ketua KPUD Palas.

Sedangkan Plt Bupati Palas, Ahmad Zarnawi Pasaribu mengatakan, setelah penandatanganan NPHD Pilkada Palas diharapkan seluruh tahapan Pilkada bisa berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah, kita telah melakukan penandatanganan NPHD, terima kasih kepada KPU Palas yang sudah hadir d ikegiatan penanadatangan ini," kata Ahmad Zarnawi Pasaribu.

Plt Bupati berharap, dengan ditandatanganinya NPHD ini sebagai langkah awal pelaksanaan Pilkada 2024. Dengan harapan memberikan manfaat untuk kesuksesan Pemilihan Kepala Daerah, berjalan kondusif, aman dan lancar.

Ditambahkan Zarnawi, Pilkada merupakan salah satu tahapan Pemilu oleh Pemerintah Pusat pada 2024. Melalui anggaran NPHD, pihak KPU Palas dapat menjalankan tugas tahapan-tahapan Pilkada sesuai regulasi hingga hari H Pilkada serentak 2024.

Sebelumnya, Sekda Arpan Nasution, mengatakan, penyusunan NPHD ini telah melewati proses yang cukup panjang hingga nilai NPHD bisa ditentukan, untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak pada tahun 2024.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi