Tidak Bawa Kartu BPJS, Seorang Pasien Ditolak untuk Berobat di Puskesmas Marulak

Tidak Bawa Kartu BPJS, Seorang Pasien Ditolak untuk Berobat di Puskesmas Marulak
Ilustrasi Puskesmas (Antara)

Analisadaily.com, Tebingtinggi - Tidak membawa kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Puskesmas Tanjung Marulak Kota Tebingtinggi dipimpin menolak pasien yang membutuhkan pelayanan. Hal tersebut dialami Abdulah Sani Hasibuan, Kamis (18/1) pagi, padahal dia sudah menunjukan Kartu kunjungan dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Abdulah mengatakan dirinya sangat menyesalkan dengan kearoganan seorang pegawai Puskesmas Tanjung Marulak.

"Seharusnya sebagai pelayanan terlebih dahulu melihat kondisi pasien, bila memang sangat membutuhkan sekali mendapatkan pelayanan, jangan dipersulit hanya karena tidak ada kartu BPJS. Kan bisa dibantu agar berkasnya belakangan, dan jangan membuat peraturan yang membingungkan pasien," ujar Abdullah.

Kepala Puskesmas Tanjung Marulak Kota Tebingtinggi, dr.Kurnia, mengatakan prosedurnya saat ini kalau si pasien mau berobat, si pasien cukup menunjukan KTP atau Kartu Keluarga saja.

"Jadi untuk petugas kita yang ada di ruang pelayanan tadi, akan kita panggil dan kita berikan pengarahan, apabila bersalah kita akan berikan sanksi," kata Kurnia.

Sani Hasibuan merasa kecewa karena tidak mendapatkan pelayanan dengan baik, sambil menahan sakit, akhirnya bersama istrinya dengan mengendarai sepeda motor langsung pulang.

(FEL/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi