Animo Warga Banda Aceh Sangat Tinggi untuk Mencoblos

Animo Warga Banda Aceh Sangat Tinggi untuk Mencoblos
Warga saat menggunakan hak suaranya. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh menyebut animo masyarakat untuk memberikan hak suara dalam Pemilu 2024 sangat tinggi, sebagai salah satu bentuk sikap masyarakat dalam merawat sistem demokrasi di Indonesia.

“Jadi saya melihat animo masyarakat sangat besar untuk berpartisipasi pada Pemilu 2024 ini,” kata Ketua KIP Banda Aceh Yusri Razali di Banda Aceh, Rabu (14/2/2024) dilansir dari Antara.

Ia menjelaskan bentuk antusiasme masyarakat untuk mencoblos ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah terlihat sejak pagi hari, bahkan sebelum TPS di masing-masing desa atau gampong dibuka.

“Saya lihat mulai pukul 6.30 WIB sebagian besar masyarakat sudah mulai mengantre, sudah mulai mendaftar untuk menjadi pemilih, untuk memilih TPS yang sudah mereka didaftar sebelumnya,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut dia, penyelenggaraan pemilihan umum di ibukota Provinsi Aceh itu berjalan lancar. Petugas di lapangan menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

KIP Banda Aceh menyelenggarakan pemungutan suara di 618 TPS yang tersebar di 90 gampong dalam sembilan kecamatan di Banda Aceh.

Jumlah warga yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di Banda Aceh sebanyak 169.146 orang, meliputi 81.205 orang laki-laki dan 87.941 orang perempuan.

Pemerintah Kota Banda Aceh juga menyiapkan sebanyak 1.832 orang personel Satuan Linmas, di Bawah Kendali Operasi (BKO) Polresta Banda Aceh dalam rangka mendukung pemilu serentak di setiap TPS.

Untuk Polresta Banda Aceh, juga mengerahkan sebanyak 654 personel ke desa-desa untuk pengamanan, yang bergabung Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD), Panitia Pemungutan Suara (PPS), TNI, dan unsur lainnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi