Tahun Ini, BPODT Targetkan 2 Groundbreaking Investor di Kawasan Danau Toba

Tahun Ini, BPODT Targetkan 2 Groundbreaking Investor di Kawasan Danau Toba
Kaldera Toba (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) memiliki lahan zona otoritatif seluas 386,72 Ha yang berada di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba yang disebut Toba Caldera Resort (TCR).

Sejak Juli 2021 di kawasan TCR telah berdiri penginapan Bobocabin Kaldera Toba, milik Bobobox sebanyak 12 kabin.

Selain itu BPODT juga sudah bekerja sama dengan beberapa investor yaitu PT. Labersa Hutahaean untuk pengembangan Hotel Bintang 5 dan PT. Tobanta Nauli Indah untuk pengembangan Family Hotel.

Dalam jumpa pers awal tahun 20 februari 2024 dengan para wartawan, Direktur Investasi (Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan) BPODT Raja Malem Tarigan mengatakan untuk tahun ini BPODT berencana melaksanakan 2 Groundbreaking investor.

"Masing-masing 1 investor di semester 1 dan semester 2 tahun 2024," katanya, Rabu (21/2).

Pada Desember 2023 lalu, BPODT juga sudah menetapkan pemenang tender untuk pengelolaan CV-04 untuk pengembangan Mixed-Use Village, yaitu di mana di lot tersebut akan disediakan pusat kuliner, pusat belanja, spot foto, outbond area, dan atraksi pendukung lainnya. Investor yang akan mengerjakan Mix-use Village ini adalah developer dari Jakarta bernama PT. Mitra Jaya Realty, yang sudah berpengalaman membangun kawasan perumahan dan tower apartemen.

"Saat ini kami dalam tahap finalisasi design dan rencana tahapan pembangunan Mixed-Use Village seluas 7,4 Ha. Diharapkan akan bisa ground breaking bulan Maret paling lama April tahun ini," ucap Raja Tarigan.

Selain itu, BPODT akan mengadakan Tender Pendayagunaan Aset untuk lot SR-08 (Lake View Resort) pada semester I ini, dan sedang dalam penjajakan calon investor yang akan ikut dalam tender.

Lake View Resort ini adalah kawasan di ujung North Ridge District (Kawasan bagian selatan) Toba Caldera Resort yang diperuntukkan untuk villa dengan kapasitas 40-60 kamar dengan luas 5 Ha.

"Kami sudah intensif diskusi dengan salah satu investor. Bahkan investornya sudah mengirimkan Arsitek Nasional Bernama Yori Antar untuk mulai mendesign kawasannya. Villa-villa ini nanti akan di design dengan rumah ada masing-masing puak batak," terang Raja Tarigan.

Dengan realisasi penambahan investor di TCR, BPODT optimis kedepannya peluang investasi akan terus meningkatkan dan semakin menarik bagi para calon investor.

Kedepannya BPODT juga akan terus menambah atraksi-atraksi menarik untuk meningkatkan pengalaman wisata para pengunjung dan mendukung pariwisata di Kawasan Danau Toba.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi