Golkar dan PDIP Penuhi Syarat Usung Calon Bupati Dairi

Golkar dan PDIP Penuhi Syarat Usung Calon Bupati Dairi
Batara Steven Sinaga. (Analisadaily/Sarifuddin Siregar)

Analisadaily.com, Sidikalang - Partai Golkar dan PDI Perjuangan Kabupaten Dairi memenuhi syarat mengusung pasangan calon Bupati/Wakil Bupati tanpa koalisi. Perolehan kursi kedua parpol memenuhi ambang batas yakni 20 persen.

Wakil Ketua Bidang Ekonomi Pembangunan dan Budaya DPC PDI Perjuangan, Batara Steven Sinaga, Minggu (10/3) membenarkan, kenaikan perolehan kursi. Dari 6 kursi pemilu lalu, dan kini berada di angka 7 kursi.

“Kami bisa mengusung kandidat bupati tanpa koalisi. Sudah memenuhi syarat”, kata petahana pemenang pemilu 2024 ini.

Diterangkan, di dapil 1, pemenang atas nama Batara Steven Sinaga. Dapil 2 dialamatkan buat Hendra Tambunan. Selanjutnya, 2 kursi di dapil 3 diraih Idulfitri Tarigan dan Fitrianto Berampu.

Di dapil 4 kursi dewan diraih Halvensius Tondang, Very Sidebang dan Fery Sinaga.

“Satu kursi Wakil Ketua tetap dipertahankan PDI Perjuangan”, kata Batara.

Sementara itu, Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Dairi, Davit Silitonga mengatakan, 9 dari kursi DPRD menjadi hak parpol berlambang pohon beringin ini.

Di dapil 1, dimenangkan Jogia Simarmata dan Tonny Lumban Gaol. Dapil 2 diraih Sabam Sibarani, Romi mariani Simarmata dan Nurlinda Angkat.

Di dapil 3, kursi wakil rakyat diraih Carles Tamba dan Hendra Krista. Selanjutnya, di dapil 3 dimenangkan Nahanson Lumban Gaol dan Agusto Samosir.

“Khusus dapil 3, kemungkinan besar akan digugat ke Mahkamah Konstitusi. Ada selisih yang membuat Golkar gagal memperoleh 3 kursi”, kata Davit.

Dijelaskan, menyusul perolehan suara dan kursi terbanyak, pucuk pimpinan dewan tetap dipertahankan Golkar.

(SSR/BR)

Baca Juga

Rekomendasi