Kunjungan Wisatawan ke Sumut Naik 4,98 Persen, Grand Zuri Siantar: Hotel Ramah Anak Jadi Daya Tarik Pasar Keluarga

Kunjungan Wisatawan ke Sumut Naik 4,98 Persen, Grand Zuri Siantar: Hotel  Ramah Anak Jadi Daya Tarik Pasar Keluarga
Kunjungan Wisatawan ke Sumut Naik 4,8 Persen, Grand Zuri Siantar: Hotel Ramah Anak Jadi Daya Tarik Pasar Keluarga (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Memilih akomodasi untuk liburan keluarga seringkali melibatkan pertimbangan yang lebih dari sekadar kenyamanan dan keamanan. Bagi banyak orang tua, pentingnya hotel yang ramah anak dengan fasilitas water park tidak dapat diabaikan.

Hal ini dibenarkan Direktur Marketing PT Zuri Hotel Manajemen, Alit Nurwanto, konsep ramah anak dan keluarga ini juga diemban oleh Zurihotels Group, diantaranya dijalankan di Hotel Grand Zuri Pekanbaru dengan memperkenalkan area Mini Waterboom yang aman untuk anak-anak yang melengkapi kolam utama yang dikelilingi tanaman pucuk merah dan kamboja kuning yang segar.

"Khususnya di Sumatera Utara, konsep ramah anak dan keluarga ini diwujudkan dengan hadirnya Hotel Grand Zuri di Pematang Siantar sejak 1 Maret 2024 yang lalu. Hotel Grand Zuri Pematangsiantar satu satunya hotel berbintang 4 dengan yang memiliki fasilitas Mall dan Waterpark," bilang Alit Nurwanto, Senin (22/4/2024) di Medan.

Hotel berkonsep ramah anak dan keluarga penting dalam industri perhotelan, karena selain dapat meningkatkan pengalaman keluarga, konsep ini juga menarik pasar yang lebih besar.

Dengan semakin banyaknya keluarga yang melakukan perjalanan, hotel yang menawarkan fasilitas ramah anak memiliki daya tarik yang kuat bagi pasar ini. Ini bukan hanya tentang menarik anak-anak, tetapi juga tentang memenuhi kebutuhan dan keinginan orang tua.

Setidaknya BPS Sumatera Utara (Sumut) mencatat, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung di Sumut melalui 4 pintu masuk pada Januari 2024 mencapai 14.851 kunjungan.

Periode Januari 2024, jumlah wisman yang berkunjung di Sumut naik 4,98 persen bila dibandingkan pada periode yang sama tahun 2023, yaitu dari 14.146 kunjungan pada Januari 2023 naik menjadi 14.851 kunjungan pada Januari 2024.

Sementara itu, tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Sumut pada Januari 2024 rata-rata 44,80 persen, atau turun 8,96 poin dibanding Desember 2023 sebesar 53,76 persen.

Adapun rata-rata lama menginap tamu asing dan tamu Indonesia pada hotel berbintang 1,28 hari selama Januari 2024, turun 0,11 poin dibanding Desember 2023 sebesar 1,39 hari.

Menyahuti peningkatan jumlah wisman ke Sumut ini juga menjadi alasan hadirnya hotel Grand Zuhri berkonsep ramah anak dan keluarga di Siantar, apalagi lokasinya yang tidak jauh dari kawasan wisata internasional, Danau Toba.

"Kami berkomitmen untuk memberi pelayanan dan fasilitas yang terbaik bagi seluruh keluarga yang melakukan perjalanana wisata ke Sumatera Utara," pungkas Alit Nurwanto.*

(DEL)

Baca Juga

Rekomendasi