Asbanda Umumkan Pemenang Undian Tabungan Simpeda Rp 3 Miliar di Danau Toba

Asbanda Umumkan Pemenang Undian Tabungan Simpeda Rp 3 Miliar di Danau Toba
Asbanda Umumkan Pemenang Undian Tabungan Simpeda Rp 3 Miliar di Danau Toba (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Parapat - Penarikan undian nasional BPD se-Indonesia Tabungan Simpeda dengan total hadiah Rp 3 miliar, akhirnya berlangsung dengan lancar, Rabu (24/4) malam, di Hotel Niagara, Kawasan Danau Toba, Sumatera Utata.

Penarikan undian Tabungan Simpeda ini dihadiri Komisaris Utama Bank Sumut, seluruh direksi Bank Pembangunan Daerah se Indonesia, Sekda Pemprov Sumatera Utara, dan juga pejabat Pemkab yang ada di Sumatera Utara.

Untuk pemenang kedua dengan hadiah masing-masing Rp 100 juta untuk empat pemenang diraih oleh nasabah Bank Sumut dari Cabang Pembantu Tanjung Anom, Bank Kalteng, Bank Jatim dan Bank BPD Bali. Sementara itu pemenang pertama dengan hadiah Rp 500 juta diraih oleh nasabah Bank Kalsel.

Dirut Bank Sumut Babay Parid Wazdi dalam sambutannya mengatakan, kita semua masih dalam keadaan lancar dan sehat untuk menjalani kegiatan dari hari pertama hingga hari terakhir ini.

"Tadi kita ada jalan-jalan keliling Danau Toba dan Pulau Samosir. Semoga para tamu dari Provinsi senang berwisata ke kawasan Danau Toba dan mau kembali lagi berwisata ke sini dengan mengajak teman dan saudara.Untuk undian ini, diikuti oleh sekitar 8,3 juta nasabah Tabungan Simpeda, dan saldo seluruh nasabah sekitar Rp 72 triliun dan aset BPD secara keseluruhan Rp 994 triliun," tutur Babay.

Sementara itu Ketua Umum Asbanda Ruddy Renaldy mengatakan, undian nasional Tabungan Simpeda BPD se-Indonesia dilakukan dalam rangka bentuk apresiasi kepada nasabah setia BPD se-Indonesia.

"Tabungan Simpeda dalam perjalanannya terus mengalami perkembangan, hal ini tercermin dari jumlah dana yang terhimpun dari tabungan Simpeda seluruh BPD se-Indonesia. Pada penarikan Simpeda periode kedua tahun 2024, jumlah nasabah tabungan Simpeda sampai Desember 2023 berjumlah 8,32 juta nasabah, dengan total saldo tabungan senilai Rp 72,54 triliun. Dibandingkan dengan periode sebelumnya terdapat kenaikan nasabah sebesar 5,68 persen dan jumlah saldo naik sebesar 3,36 persen," ungkapnya.

Diungkapkannya, BPD yang paling banyak menghimpun tabungan Simpeda adalah Bank Jatim, sampai Desember 2023 dana yang terhimpun senilai Rp 16.54 triliun atau 28,8 persen dari tabungan Simpeda nasional.

"Berdasarkan hasil rapat dan persetujuan pengurus Asbanda bahwa penyelenggaraan penarikan undian tabungan Simpeda di periode berikutnya bulan Agustus 2024 adalah Bank Kalbar. Kami pengurus Asbanda dan BPD seluruh Indonesia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bank Sumut dan seluruh pihak yang mendukung kelancaran acara ini," tutupnya.

Pada kesempatan yang sama Sekda Pemerintah Provinsi Sumut, Arief Sudarto Trinugroho menyampaikan, Pemprov Sumut mengucapkan terima kasih kepada pengurus Asbanda atas kesempatan yang diberikan kepada Bank Sumut sebagai tuan rumah penarikan undian nasional Tabungan Simpeda.

"Terima kasih juga telah mengunjungi kawasan Kaldera Global Geopark Danau Toba yang merupakan salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia untuk menjadi perhelatan nasional ini," ucapnya.

Diharapkannya, momentum penarikan undian nasional tabungan Simpeda ini harus dapat dimanfaatkan sebagai kesempatan saling berbagi ilmu, pengalaman dan menjajaki peluang kolaborasi lebih luas dalam pengembangan produk dan digitalisasi ditengah ketatnya persaingan BPD dengan intitusi keuangan domestik dan asing.

"Kami mengapresiasi yang tinggi kepada BPD seluruh Indonesia karena ditengah ketatnya persaingan perbankan, BPD masih mampu meningkatkan aset setiap tahunnya. BPD sebagai motor penggerak ekonomi daerah juga telah memberikan kontribusi CSR dengan tren meningkat seiring peningkatan laba setiap tahunnya," tutur Arief.

Pada acara penarikan undian nasional Tabungan Simpeda ini juga dimeriahkan oleh komika asal Pematang Siantar Joel Purba, dan juga Donnie Sibarani yang dikenal sebagai mantan vokalis Ada Band.

Sebelumnya dalam rangkaian Perhelatan akbar Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (BPD SI) Periode II Tahun 2024 telah dilaksanakan penarikan undian hadiah ketiga sampai dengan hadiah ke 8 di Gedung Ballroom Bank Sumut apad 21April 2024 lalu, dimana hadiah ketiga masing-masing Rp 50 juta untuk 26 pemenang, hadiah keempat masing-masing Rp 5 juta untuk 26 pemenang dan hadiah kelima masing-masing Rp 2,5 juta untuk 26 pemenang, kemudian hadiah keenam masing-masing Rp 2 juta untuk 52 pemenang, hadiah ketujuh masing-masing Rp 1,5 juta untuk 104 pemenang, dan hadiah kedelapan masing-masing Rp 1 juta untuk 345 pemenang.

Seminar Nasional BPD se Indonesia

Sebagai rangkaian acara undian nasional BPD se Indonesia tabungan Simpeda dengan total hadiah Rp 3 miliar, diadakan Seminar Nasional yang diikuti BPD se Indonesia dengan tema "Peran Digitalisasi Perbankan Dalam Mendukung Perekonomian Daerah", Rabu (24/4).

Seminar nasional ini menghadirkan pembicara yakni Direktur Utama Bank Sumut Babay Parid Wazdi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara IGP Wira Kusuma, Bambang Mukti Riyadi selalu Deputi Komisioner APU-PPT Internasional OJK.

Seminar nasional itu merangkum tentang Pemerintah daerah selaku pemegang saham bank pembangunan daerah (BPD) akan merasakan benefit yang besar jika BPD dapat berdaulat di daerah dalam memberikan layanan digital pada ekosistem pemerintah daerah (Pemda).

Benefit tersebut berupa peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan peningkatan PAD. Karena itu, andil Pemda sangat diperlukan dalam mendukung pengembangan bisnis BPD berbasis digital.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi