Harkitnas ke-116, Hassanudin: Kita Harus Jadi Pelaku Kebangkitan

Harkitnas ke-116, Hassanudin: Kita Harus Jadi Pelaku Kebangkitan
Penjabat Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin (ANTARA/Anggi Luthfi Panggabean)

Analisadaily.com, Medan - Penjabat Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin, mengajak seluruh elemen masyarakat agar menjadikan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 sebagai momentum untuk memanfaatkan perkembangan digitalisasi.

"Saat sekarang ini kemajuan lompatan teknologi yang begitu cepat membuat kita bukan hanya menjadi pendengar, pengikut, melainkan kita harus menjadi pelaku kebangkitan," ujar Hassanudin usai memimpin upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Medan, Senin (20/5).

Menurutnya, perkembangan digitalisasi harus segera dimanfaatkan seluruh elemen masyarakat mengingat Indonesia akan memasuki bonus demografi yang akan menentukan arah bangsa dan negara.

Bonus demografi menunjukkan bagaimana 60 persen penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru, bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi.

"Untuk itu kita harus siapkan generasi agar aktif di era yang akan datang, sehingga Indonesia dapat mengoptimalkan era tersebut untuk kemajuan bangsa," kata dia.

Oleh karena itu, pihaknya bersama pemangku kebijakan terkait berkomitmen untuk memperkuat koordinasi tujuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Dari waktu ke waktu, hari ke hari kita tetap mengevaluasi dan tetap menuju hal kesempurnaan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Yang terbaik untuk rakyat itu terbaik untuk kita semua," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Hassanudin juga membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie bahwa Indonesia saat ini berada pada fase kebangkitan kedua dan Bangsa Indonesia tengah dihadapkan oleh tantangan dan peluang baru.

Sesuai tema Harkitnas ke-116 yang bertajuk “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas 2045” juga dimaknai bahwa kebangkitan kedua ini adalah momen terpenting bagi bangsa Indonesia untuk terus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri dan keyakinan.

"Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-116. Bapak Menteri Kominfo berpesan kepada kita semua harus bersyukur bahwa kita hidup pada zaman dekade kedua. Melalui proses panjang, baik pengalaman sejarah yang dimulai dari Boedi Oetomo, Kartini tentunya itu menginspirasi kita semua, sehingga kita tumbuh sekarang ini," ujar dia.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi