Kumpulkan Masukan untuk Tingkatkan Pelayanan, Fakultas Keperawatan USU Gelar Forum Komunikasi Publik

Kumpulkan Masukan untuk Tingkatkan Pelayanan,  Fakultas Keperawatan USU Gelar Forum Komunikasi Publik
Dekan Fakultas Keperawatan USU Dudut Tanjung, S.Kp., M.Kep., Sp.KMB (kiri, ke delapan) foto bersama dengan para peserta Forum Komunikasi Publik yang diselenggarakan oleh fakultas tersebut. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Setelah sukses meraih sertifikat Zona Integritas Bebas Korupsi (ZIBK) pada tahun 2022, Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap para pengguna jasa fakultas tersebut.

Untuk peningkatan pelayannya kepada para pengguna, seperti mahasiwa, alumni, orangtua, pihak rumah sakit maupun masyarakat luas lainnya, tentu saja fakultas yang merupakan wadah mencetak para tenaga keperawatan yang kemudian nantinya akan bekerja di berbagai rumah sakit, puskesmas dan sarana kesehatan lainnya itu, butuh masukan dari berbagai pihak.

Oleh karena itu, Senin (24/6) Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara (USU) yang dinakhodai Dudut Tanjung, S.Kp., M.Kep., Sp.KMB sebagai dekan, menyelenggarakan kegiatan Forum Komunikasi Publik di aula fakultas tersebut. Kegiatan itu diikuti lima elemen, yakni, mahasiswa, orangtua mahasiswa, alumni, dosen, para pakar maupun, media massa.

Ketua Panitia Ns Nurbaiti SKep, M Biomed mengungkapkan, forum komunikasi publik yang dilaksanakan itu telah diamanahkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI No.25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dalam hal ini pelayanan publik di Fakultas Keperawatan USU.

"Untuk meningkatkan pelayanan di fakultas ini dibutuhkan penilaian, kontrol dari masyarakat pengguna, seperti mahasiswa, alumni, orangtua, pihak rumah sakit yang menggunakan lulusan Fakultas Keperawatan. Makanya kita laksanakan kegiatan ini," jelas Nurbaiti.

Dalam kegiatan itu, lanjutnya, peserta yang hadir akan mendiskusikan bagaimana kualitas pelayanan yang ada dari Fakultas Keperawatan ini. "Kita butuh masukan dari pengguna layanan guna meningkatkan mutu layanan di Fakultas Keperawatan ini," cetusnya.

Melalui kegiatan komunikasi publik ini, lanjutnya, kita melakukan evaluasi dari bagaimana proses pelayanan keperawatan di fakultas ini bisa dirasakan oleh masyarakat pengguna. Sehingga kita dapat masukan dari peserta untuk melakukan perbaikan apabila ada yang dinilai kurang di Fakultas Keperawatan USU," ujarnya kemudian menambahkan dalam kegiatan itu menghadirkan pakar Kebijakan Publik Prof. Warjio PhD dan Direktur USU Centre For Health Politics And Management (UCHPOLM) Dr Drs Zulfendri MKes.

Sementara Dekan Fakultas Keperawatan USU Dudut Tanjung, S.Kp., M.Kep., Sp.KMB didampingi Ketua PEKPPP Ismayadi, S.Kep., Ns, M.Kes menambahkan, forum komunikasi yang dilaksanakan tersebut masih terkait dengan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP).

"Kita menyadari Fakultas Keperawatan USU ini merupakan salah satu institusi yang melayani publik, yaitu, mahasiswa. Yang kami ketahui bahwa pelayanan publik yang kami berikan adalah Tridarma perguruan tinggi, yakni, bagaimana untuk mengajar, bagaimana meneliti, bagaimana melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa. Dan settingnya bagaimana mengajar di kelas, bagaimana mengajar di laboratorium, bagaimana mengajar di rumah sakit dengan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya sesuai kebutuhan pengguna kita, mahasiswa yang utama. Dan juga orangtua dan masyarakat," paparnya.

PEKPPP ini, lanjut Dudut, adalah evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti RI. "Kita ada empat kampus di seluruh Indonesia, bahwa kita ditugaskan salah satu yang turut dinilai untuk mendapatkan evaluasi pelayanan publik ini," pungkasnya.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi