KPU Deliserdang Luncurkan Maskot dan Jingle Pilbup 2024

KPU Deliserdang Luncurkan Maskot dan Jingle Pilbup 2024
KPU Deliserdang Luncurkan Maskot dan Jingle Pilbup 2024 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deliserdang luncurkan maskot dan jingle untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Deliserdang tahun 2024.

Acara launching dilaksanakan di Gedung Graha Bhineka Perkasa Jaya, Jalan Negara, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang, Rabu (10/7). Adapun maskot yang diluncurkan yakni gendang dengan tampilan sosok penari pria melayu yang melambangkan salah satu khas budaya lokal yang ada di Kabupaten Deliserdang.

"Pada kesempatan kali ini, KPU Deliserdang melakukan peluncuran maskot dan jingle sebagai tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Deliserdang 2024. Peluncuran ini sebagai bentuk konsolidasi seluruh stakeholder di Kabupaten Deliserdang dalam melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang 2024," kata Plt Ketua KPU RI, Muhammad Afifuddin, saat menghadiri langsung peluncuran.

Plt Ketua KPU RI berharap maskot dan jingle ini dapat meningkatkan semangat masyarakat Deliserdang untuk berpartisipasi dalam Pilkada November mendatang. "Maskot dan jingle yang nantinya akan digunakan dalam setiap acara sosialisasi untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang, kita berharap partisipasi masyarakat akan semakin meningkat di Pilkada serentak tanggal 27 November 2024 ini," ungkapnya.

Ia berpesan kepada KPU Deliserdang mengenai 3 elemen yang menjadi penting dalam Pemilu, yaitu penyelenggara, peserta, dan pemilihan. KPU harus bisa melakukan kolaborasi dengan semua pihak. "Dorongan jingle dan maskot harus ada unsur kearifan lokalnya, agar semua merasa mengelola. Kolaborasi di lapangan bagaimana memantik minat orang turut menyukseskan Pilkada," pinta Afifuddin.

Ketua KPU RI ini juga mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak dalam kolaborasi bersama untuk menciptakan Pemilu yang sukses dan berkualitas. "Saya lihat saat ini masih 52 persen proses coklit dilakukan di Sumut. Jadi tolong pada semua elemen untuk dipublikasikan agar partisipasi masyarakat pada Pilkada nanti tinggi," ucapnya.

Ketua KPU Deliserdang, Relis Yanthi Panjaitan menyatakan, penetapan maskot dan jingle untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang ditentukan melalui proses sayembara bagi warga. "Maskot dan jingle ini kami dapatkan dari sayembara, jadi masyarakat Deliserdang ini ikut serta dalam sayembara maskot dan jingle," ucap Relis.

Peluncuran maskot dan adalah simbol yang akan digunakan sebagai sosialisasi penyelenggaraan Pilkada. Saat ini 110 petugas PPK dan sebanyak 1.992 yang disediakan untuk pelaksanaan Pilkada.

Pj Bupati Deliserdang, Wiriya Alrahman, berharap kepada semua pihak terkait untuk dapat mengantisipasi kondisi, terutama logistik agar tidak ada kendala, dan harus sampai sesuai jadwal yang ditentukan. "Kita bisa bertambah semangat dalam menyelenggarakan Pilkada Deliserdang. Agar berjalan sukses dan menambah kemajuan bagi daerah kita," ucapnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi