Kirab Pemilu 2024, Ketua KPU Deliserdang: Sosialisasikan secara Massif ke Masyarakat

Kirab Pemilu 2024, Ketua KPU Deliserdang: Sosialisasikan secara Massif ke Masyarakat
Bendera Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 diserahterimakan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Bendera Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 diserahterimakan di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deliserdang, Jalan karya Jasa, No 8, Desa Tanjung Garbus I, Kecamatan Lubukpakam, Senin (1/5).

Serahterima itu dilakukan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan Medan, Agussyah R Damanik, kepada Ketua KPU Deliserdang, Syahrial Effendi.

Ketua KPU Deliserdang, Syahrial Effendi, meminta semua pihak yang hadir di acara itu bisa meneruskan pesan-pesan ke seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Deliserdang.

Syahrial menerangkan, Kirab Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Utara dibawa atau melalui beberapa kabupaten/kota. Diawali dengan Kabupaten Langkat, Kota Binjai, Kota Medan, Kabupaten Deliserdang dan nantinya akan diserahkan ke Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

"Sesuai jadwal, hari ini dilakukan penyerahan oleh KPU Kota Medan. Selanjutnya sampai hari Jumat (5/5) akan dibawa/diarak ke sejumlah kecamatan di Deliserdang," katanya.

KPU Deliserdang, kata Syahrial, mengundang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas pada Pemilu 2024 pada arak-arakan Kirab Pemilu 2024, agar menyosialisasikan kepada seluruh masyarakat.

"Ini harus bisa dimaksimalkan secara massif untuk memberitahu sekaligus sosialisasi kepada masyarakat, sehingga Pemilu ini tidak lagi menjadi wacana elit, tetapi menjadi wacana kita untuk memilih pemimpin bangsa ke depan, sehingga terwujudnya masyarakat adil dan makmur," harapnya.

Komisiner KPU Sumut. Benget Silitonga mengatakan, kirab pemilu adalah program nasional untuk membumikan Pemilu secara nasional.

Ini adalah suatu metode untuk menghadirkan Pemilu di tengah-tengah masyarakat. “Dengan kirab ini KPU RI ingin menyampaikan pesan bahwa pemilu sudah ada di depan mata,” terangnya.

Di sisi lain, Benget meminta partai-partai politik ikut menyosialiasikan Kirab Pemilu ini ke tengah-tengah masyarakat.

“Partai-partai politik harusnya berbangga karena kirab ini membawa bendera partai-partai politik dan di arak ke tengah-tengah masyarakat. Jadi jangan cuma nonton tapi harus terlibat menyosialisikan pemilu kepada masyarakat,” ucap Benget.

Wakil Bupati (Wabup) Deliserdang, M Ali Yusuf Siregar mengatakan, Pemilu merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat, sekaligus aktualisasi partisipasi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan dalam penentuan jabatan publik.

Untuk mendukung agar pelaksanaan Pemilu berjalan baik, maka perlu dilakukan berbagai upaya, salah satunya dengan melaksanakan serah terima kirab Pemilu.

"Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat teredukasi mengenai pentingnya menggunakan hak suara pada Pemilu, karena sesungguhnya tujuan kirab yang kita laksanakan adalah untuk memberikan sosialisasi dan pendidikan kepada pemilih agar partisipasi masyarakat bisa semakin meningkat," kata Wabup.

Wabup menyatakan dukungan penuhnya atas terselanggaranya Kirab Pemilu tahun 2024, yang pelaksanaannya dimulai hari ini hingga 5 Mei 2023 mendatang.

Wabup juga berharap dengan adanya Tim Kirab Pemilu, akan semakin membantu dalam memudahkan dan mengawal penyelenggaraan pemungutan suara, baik di Pemilu maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) nantinya.

Ditegaskan Wabup, keberhasilan Pemilu bisa diwujudkan dengan baik, ketika semua pihak, baik penanggungjawab penyelenggara, jajaran pemerintah daerah, DPRD, partai politik, para kandidat beserta pendukungnya maupun komponen masyarakat dapat memahami dan mencermati secara benar proses demokrasi yang akan berlangsung.

"Kita kawal Pemilu dengan baik, dan kita berharap tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih semakin baik serta meningkat," ajak Wabup.

Di acara hadir anggota DPRD Deliserdang, Misnan Aljawi; Komisioner KPU Provinsi Sumut, Benget Manahan Silitonga; Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Deliserdang, Aminuddin; Komisioner KPU Deliserdang, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Deliserdang, perwakilan 18 partai politik peserta Pemilu; Kepala Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Zainal Abidin Hutagalung; dan undangan lainnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi