Harga Daging Ayam dan Cabai Merah Turun, Cabai Rawit dan Telur Ayam Naik

Harga Daging Ayam dan Cabai Merah Turun, Cabai Rawit dan Telur Ayam Naik
Harga Daging Ayam dan Cabai Merah Turun, Cabai Rawit dan Telur Ayam Naik (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Berdasarkan hasil pemantauan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Sumut, rata-rata harga daging ayam mengalami penurunan Rp 250/Kg menjadi Rp 32.650/Kg saat ini.

Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, harga daging ayam turun pada hari ini, Selasa (27/8), dibandingkan dengan harga awal pekan kemarin. Meski demikian, untuk harga daging ayam di Kota Medan terpantau bergerak di bawah Rp 30 ribu/Kg-nya, atau Rp 29.900/Kg mengacu kepada PIHPS.

“Penurunan harga daging ayam ini dipicu oleh memburuknya sisi permintaan, diikuti dengan persediaan atau supply yang belakangan ini cenderung mengalami kenaikan. Dan dari pemantauan langsung ke salah satu pasar di Marelan, saya justru menemukan harga daging ayam yang dijual dikisaran Rp 22 ribu/Kg hingga Rp 25 ribu/Kg,” sebutnya.

Selanjutnya, harga cabai merah juga mulai mengalami penurunan. Dalam sepekan terakhir harga cabai merah sudah bergerak turun. Mengacu ke PIHPS, harga cabai merah di Sumut pada Rabu pekan lalu masih dijual di harga Rp 40.300/Kg, dan saat ini dijual dikisaran Rp 35.050/Kg-nya.

“Demikian halnya juga dengan Kota Medan untuk periode yang sama, mengacu ke PIHPS harga cabai merah turun dari Rp 35.900/Kg menjadi Rp 33 ribu/Kg-nya saat ini,” ucap Gunawan.

“Seperti yang saya khawatirkan sebelumnya, harga cabai merah memang berpeluang untuk turun. Dan cabai merah juga berpeluang bergerak fluktuatif mengikuti irama curah hujan di wilayah Sumut,” sambunganya.

Disebutkan Gunawan, berbeda dengan cabai merah, harga cabai rawit justru masih bertahan mahal. “Dari hasil pengamatan yang saya lakukan harga cabai rawit bergerak dalam rentang Rp 48 ribu/Kg hingga Rp 53 ribu/Kg. Bahkan di Kota Stabat, harga cabai rawit menyentuh Rp 60 ribu/Kg,” terangnya.

Mengacu kepada PIHPS Sumut, harga telur ayam naik dari Rp 29.750/Kg di hari Kamis pekan lalu, menjadi Rp 31.550/Kg pada hari ini. Di level pedagang pengecer, harga telur ayam mengalami kenaikan sekitar Rp 100/butir.

“Untuk harga cabai rawit yang bertahan mahal lebih disebabkan oleh sisi pasokan yang memang belum cukup banyak untuk menggiring harga cabai rawit ke harga idealnya. Sementara harga telur ayam yang naik lebih banyak dipengaruhi oleh kenaikan harga jagung, yang naik dari Rp 4 ribu/Kg menjadi Rp 4.900/Kg saat ini,” pungkasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi