Wakil Menteri Perdagangan Tinjau Pasar Tradisional Tarutung

Wakil Menteri Perdagangan Tinjau Pasar Tradisional Tarutung
Wakil Menteri Perdagangan Tinjau Pasar Tradisional Tarutung (Analisadaily/Emvawari Candra Sirait)

Analisadaily.com, Tarutung - Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan RI, Jerry Sambuaga meninjau kondisi Pasar Tradisional Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Kamis, (5/9).

Jerry mengatakan, kedatangan untuk melihat langsung kondisi ke Pasar Tradisional Tarutung paska terjadinya kebakaran beberapa waktu lalu.

"Kami datang melihat langsung kondisi Pasar di Tarutung karena ada kebakaran beberapa waktu lalu," ujarnya.

Dia mengatakan, paska terjadinya kebakaran Pj Bupati Taput telah mengajukan permohonan untuk melakukan pembangunan dan revitalitasi Pasar Tarutung.

"Atas dasar aspirasi dan permohonan dari Pj Bupati Taput untuk membangun dan merevitaliasi Pasar Tarutung," ucapnya.

Dia menambahkan, dalam proposal permohonanya Pj Bupati Taput telah mengajukan anggaran pembangunana dan revitalisasi Pasar Tradisional Tarutung sebesar Rp 75 miliar.

"Pj Bupati menyampaikan permohonan sekitar Rp 75 miliar untuk pembangunan Pasar Tarutung," tandasnya.

Dia mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti permohonan tersebut sesuai dengan prosedur dan aturan yang ada.

"Tentuny akan kami proses sesuai dengan prosedur dan aturan resmi karena memang selama ini pasar-pasar yang mengalami bencana kebakaran atau kerusakan menjadi prioritas Kementerian Perdagangan," imbuhnya.

Namun karena anggaran tahun 2024 ini sudah tutup, pihaknya akan mengupayakan proposal permohonan pembangunan Pasar Tarutung tersebut pada tahun 2025 mendatang.

"Sekarang tahun 2024, anggaran sudah tutup, kita usahakan supaya di tahun depan ini bisa terealisasi dengan baik sehingga Pasar Tarutung bisa terbangun," tutupnya.

Di sela melakukan peninjauan di Pasar Tradisional Tarutung, Wamen juga menyempatkan diri belanja sembako seperti bawang dan sejumlah jenis ikan asin kepada para pedagang.

(CAN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi