Jumlah Pengguna KAI Bandara di Medan Capai 368.396 Penumpang pada September 2024

Jumlah Pengguna KAI Bandara di Medan Capai 368.396 Penumpang pada September 2024
Jumlah Pengguna KAI Bandara di Medan Capai 368.396 Penumpang pada September 2024 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Sepanjang bulan September 2024, jumlah pengguna layanan KAI Bandara di Medan mencapai 368.396 penumpang.

Angka ini menunjukkan kenaikan signifikan dibandingkan bulan sebelumnya yaitu sebesar 332.727 penumpang, peningkatan volume penumpang di bulan September ini, dipicu oleh libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang jatuh pada tanggal 16 September.

"Kenaikan volume penumpang ini mencerminkan tingginya minat masyarakat terhadap transportasi kereta api sebagai pilihan utama dalam perjalanan. Selama periode libur, banyak pengguna yang memanfaatkan layanan KAI Bandara untuk melakukan perjalanan ke berbagai tujuan, termasuk ke kota-kota sekitar," demikian disampaikan Corporate Communication KAI Bandara, Sosiawan Putra, Kamis (3/10).

Jumlah penumpang KA Srilelawangsa relasi Medan, Binjai dan Kuala Bingai mencapai 184.741 penumpang dengan rata-rata harian mencapai 6.158 penumpang. Sedangkan relasi dari Medan menuju Bandara Internasional Kualanamu mencapai 183.655 penumpang selama bulan september 2024.

Pada libur panjang dari 13-16 september 2024 jumlah penumpang mencapai 41.054 penumpang, dengan puncak tertinggi terjadi pada hari terakhir libur, yaitu 16 September 2024, dengan total 12.059 penumpang.

Sosiawan Surbakti Corporate Communication KAI Bandara mengatakan, “Libur Maulid Nabi memberikan dampak positif terhadap peningkatan jumlah penumpang KAI Bandara di bulan september. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi para pengguna kami. Kami berharap dengan adanya layanan yang cepat, aman, dan nyaman, semakin banyak masyarakat yang memilih kereta api sebagai moda transportasi utama."

KAI Bandara terus melakukan inovasi dalam layanan dan fasilitas, serta meningkatkan sosialisasi mengenai keuntungan menggunakan kereta api. Di usia ke 18 Tahun, KAI Bandara menyediakan layanan Go Show dimana para penumpang bisa mendapatkan informasi secara update terkait keberangkatan, kedatangan, dan jadwal KA Bandara terintegrasi dengan ARTS.

KAI Bandara juga menghimbau kepada penumpang untuk dapat melakukan pemesanan tiket dengan segera untuk memastikan ketersediaan tempat dan mengingatkan kepada penumpang agar memilih KA dengan waktu yang cukup sebelum keberangkatan pesawat, yakni 2 jam sebelum keberangkatan domestik atau 3 jam sebelum keberangkatan internasional.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi