Paslon Sofyan Nasution-Junaidi Parapat Akan Bantu Pelaku UMKM Deliserdang Bisa Melangkah Lebih Jauh

Paslon Sofyan Nasution-Junaidi Parapat Akan Bantu Pelaku UMKM Deliserdang Bisa Melangkah Lebih Jauh
Cabup Deliserdang Paslon ‘SANDI’, Sofyan Nasution, SE saat berinteraksi dengan salah satu pedagang di Deliserdang beberapa waktu lalu. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Pasangan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Paslon Cabup-Cawabup) nomor urut 01 ‘SANDI’ untuk Pilkada Deliserdang 2024, Sofyan Nasution, SE dan Junaidi Parapat,SE., berharap para pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Deliserdang bisa melangkah lebih jauh. Terkait ini, Paslon SANDI juga melalui program-programnya akan membantu para pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi saat ini agar bisa terus berkembang dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Hal ini disampaikan Cabup ‘SANDI’ Sofyan Nasution, SE, Jumat (04/10/2024) di Deliserdang. “Buat para pelaku UMKM, ada acara-cara tertentu yang efektif untuk promosi. Artinya, jangan takut untuk melangkah lebih jauh manfaatkan kekuatan promosi yang lebih efektif. Yuk bersama kita majukan UMKM Deliserdang,” papar Sofyan.

Dirincinya, cara-cara ini bisa menjadi strategi efektif untuk membantu kemajuan UMKM.

“Pertama, manfaatkan media sosial (medsos), kedua, buat website atau toko online. Lalu, ketiga, jangan lupa, gunakan influencer, ke empat manfaatkan program diskon dan promo. Dan yang tips yang kelima, bangun networking dan komunitas. Sekarang kekuatan salah satu yang membangun UMKM adalah komunitas. Dan pastikan UMKM anda berada di komunitas yang tepat,” jelasnya.

Untuk kemajuan Deliserdang, Paslon ‘SANDI’ menyuguhkan tujuh program untuk masyarakat Deliserdang. Pertama, berobat gratis buat semua, kedua modal usaha buat yang ingin bisnis, ke tiga, angkutan kota (angkot) gratis kemana saja.

Berikutnya, ke empat, ada internet gratis, lalu ke lima, program layanan gawat darurat 24 jam yang siap sedia kapanpun dibutuhkan. Ke enam, beasiswa kuliah siap bantu cita-citamu. Dan ke tujuh, santunan kematian dan tempat pemakaman gratis untuk membantu meringankan beban keluarga.

Berdasarkan sumber data wirausaha.deliserdangkab.go.id, terdapat 500 UMKM yang terdata dalam Satu Data Wirausaha Deliserdang (Sada Sada).

Dalam data tersebut Pemkab Deliserdang mendapatkan grafik bahwa mayoritas UMKM di Deliserdang berada di Kecamatan Tanjung Morawa, selebihnya terdapat Kecamatan Percut Sei Tuan, selanjutnya Lubuk Pakam, Hamparan Perak, Galang, Pantai Labu, Patumbak, Sunggal, dan beberapa kecamatan lainnya. Sedangkan di Gunung Meriah, jumlah UMKM di sana masih sangat sedikit.

Dikatakan Sofyan, cara-cara tadi juga nantinya akan sejalan dengan satu dari tujuh program ‘SANDI’, yakni modal usaha untuk yang ingin bisnis. Setiap program ini akan direalisasikan Sofyan Nasution-Junaidi Parapat demi melakukan perubahan Deli Serdang yang semakin keren, maju dan berwarna.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi