Puskesmas di Medan Siap Antisipasi Virus Corona

Puskesmas di Medan Siap Antisipasi Virus Corona
Akhyar Nasution melakukan peninjauan Puskesmas (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pemko Medan melalui Dinas Kesehatan Kota Medan terus melakukan antisipasi agar masyarakat tidak terkena virus corona yang sangat mematikan berasal dari Kota Wuhan, Hubei, China.

Apalagi, saat ini ada sejumlah warga yang baru pulang dari China tengah menjalani observasi yang dilakukan Tim Kesehatan Kota Medan. Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, minta kepada seluruh Puskesmas untuk segera melakukan observasi apabila ada warga yang terinfeksi gejala-gejala virus corona.

“Apabila ditemukan positif dan membutuhkan perawatan khusus langsung dilakukan isolasi,” kata Akhyar, Kamis (13/2).

Akhyar juga telah melakukan peninjauan Puskesma. Adapun kedua Puskesmas yang ditinjau yakni Puskesmas Medan Johor, Jalan Karya Jaya, Kelurahan Pangkalan Mansyur, Kecamatan Medan Johor dan Puskesmas Padang Bulan Jalan Jamin Ginting, kelurahan Titi Rantai, Kecamatan Medan Baru.

“Dari hasil peninjauan yang kita lakukan, alhamdulilah pihak puskesmas telah siap melakukan antisipasi virus corona, termasuk melakukan observasi. Apabila nanti ditemukan ada warga yang terkena gejala virus corona, segera lakukan perawatan khusus hingga isolasi. Untuk isolasi, kita lakukan di RSUD H Adam Malik,” ucap Akhyar.

Akhyar kembali mengingatkan warga tidak perlu panik, terutama menyikapi sejumlah warga yang baru pulang dari China saat ini sedang menjalani observasi. Para warga tersebut benar baru pulang dari China, tapi bukan dari sumber asal virus corona.

“Saat ini mereka sedang diobservasi Tim Kesehatan selama 14 hari. Artinya, mereka belum tentu juga penderita corona. Tempatnya di mana, itu dirahasiakan. Kita berharap mereka sehat dan tidak terkena virus corona,” harapnya.

Akhyar mengajak seluruh warga untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, terutama bila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernafas. Jika mengalami gejala seperti ini, masyarakat harus segera mencari pertolongan ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat

“Terutama Puskesmas,” pesannya.

Kadis Kesehatan Kota Medan, dr Edwin Effendi, kembali mengingatkan warga untuk melakukan proteksi diri agar tidak terkena virus corona. Selain menjaga kebersihan tangan secara rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata.

Kemudian, lanjutnya, membersihkan tangan setelah memegang instalasi publik dengan mencuci tangan dengan sabun dan bilas tangan dengan air mengalir selama 20 detik.

“Usai dicuci, bersihkan tangan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, bisa menggunakan sanitizer alkohol 70-8096,” jelas Edwin.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi