Dosen USU Pengabdian Pengobatan Berbasis Situs Web di Puskesmas Medan Sunggal

Dosen USU Pengabdian Pengobatan Berbasis Situs Web di Puskesmas Medan Sunggal
Dosen USU Pengabdian Pengobatan Berbasis Situs Web di Puskesmas Medan Sunggal. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dosen Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan pengabdian masyarakat bertema "Transformasi Kesehatan di Puskesmas Medan Sunggal Melalui Kemandirian Deteksi dan Pengobatan Berbasis Situs Web".

Ketua Tim Pengabdian Dr. Edy Ikhsan didampingi Anggota Reni Asmara Ariga, SKp, MARS dan Nurbaiti, M.Biomed menjelaskan, permasalahan sistemik bidang kesehatan yang harus ditindaklanjuti saat ini adalah akses ke layanan rujukan pelayanan kesehatan, pemanfaatan teknologi digital yang masih terbatas dan transformasi sektor kesehatan serta keterbatasan pasien dan masyarakat dalam pengetahuan dalam mendeteksi status kesehatan serta ketidakmampuan mengambil keputusan dalam mengatasi masalah, sehingga menyebabkan pasien mengalami keterlambatan penanganan yang tepat.

"Ini berdampak pada tingginya angka kesakitan dan angka kematian yang seharusnya dapat dihindari dengan menggunakan teknologi sistem informasi dan komunikasi," ujarnya dalam rilis yang diterima Analisadaily.com, Senin (11/9/2023).

Dr Edy Ikhsan menjelaskan, pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bentuk sumbangsih Universitas Sumatera Utara sebagai perguruan tinggi pada masyarakat dalam bentuk hilirisasi hasil penelitian berupa paten penulis IDS 000004526, yakni suatu metode meningkatkan kemandirian untuk deteksi status kesehatan dan menindaklanjuti pengobatan yang tepat dan paten IDS 000005334 tentang metode perawatan mandiri berbasis situs web https://ariganursingselfcare.com/ yang dilaksanakan melalu LPPM USU kepada Puskesmas Medan Sunggal dan mendukung program kementerian kesehatan dalam mencapai SDGs No 3 yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan penduduk.

Reni Asmara Ariga, SKp, MARS mengungkapkan, metode perawatan mandiri berbasis situs web ini memberikan layanan berupa website yang dapat selalu diakses oleh pengguna untuk memberikan informasi mengenai asuhan keperawatan dari sumber yang terpercaya dan aktual sesuai dengan keinginan pengguna.

"Selain itu invensi ini membantu masyarakat secara mandiri mendapatkan informasi asuhan keperawatan dengan adanya fitur konsultasi perawatan mandiri terkait keluhan dan penyakit yang dialami tanpa harus pergi ke pelayanan kesehatan," ujarnya.

Pengabdian masyarakat ini mulai dilaksanakan bulan Mei 2023 dengan berkoordinasi dengan Kepala UPT Puskesmas Medan Sunggal dr. H. Indra Gunawan, Penanggungjawab Program Promosi Kesehatan Rosmaini Rafdita, SKM dan KTU Puskesmas Medan Sunggal Fivi Endilisa Sembiring, S.Kep, Ners.

Reni Asmara Ariga, SKp, MARS juga menjelaskan, program ini turut mendukung visi dan misi Puskemas Medan Sunggal yaitu mendorong kemandirian bagi keluarga dan masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan pengendalian penyakit. Tanggal 7 September 2023 telah dilaksanakan kepada seluruh pasien dan pendampingan di wilayah kerja Puskesmas Medan Sunggal yaitu kelurahan Sunggal, Tanjung Rejo, Babura dan Simpang Tanjung.

"Dilaksanakan dengan memberikan penjelasan terkait dengan bagaimana penggunaan web, tujuan dan manfaat serta memberikan promosi kesehatan dengan diagnosa 10 penyakit yang paling banyak di Puskesmas tersebut. Setelah dilakukan promosi kesehatan, dilakukan pendampingan kepada semua peserta dan melibatkan mahasiswa Keperawatan USU dan tim Puskesmas dalam implementasi pengabdian masyarakat ini," ujarnya.

Kepala UPT Puskesmas Medan Sunggal dr. H. Indra Gunawan mengucapkan terima kasih karena telah terlaksana program pengabdian kepada masyarakat dan berharap kerja sama Puskesmas Medan Sunggal dengan Universitas Sumatera Utara tetap dilaksanakan guna mewujudkan masyarakat sehat dan mandiri.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi