TPL Fasilitasi Koptan Kelola Lahan Konsesi

TPL Fasilitasi Koptan Kelola Lahan Konsesi
Salah satu lahan areal perkebunan cabai dengan metode tanam tumpangsari milik Koptan di areal perkebunan eucalyptus, yang difasilitasi dan dibina oleh pihak TPL. (Analisadaily/Emvawari Candra Sirait)

Analisadaily (Tarutung) - PT.Toba Pulp Lestari (TPL) Tbk memfasilitasi dan membina warga kelompok tani (Koptan) untuk mengelola lahan sekitar konsesi perkebunan eucalyptus dengan menanam tanaman tumpangsari.

"Kita memfasilitas dan membina kelompok masyarakat petani (Koptan) melakukan penanamam tanaman tumpangsari di sekitar lahan perkebunan eucalyptus," ujar Humas TPL Juliandri Hutabarat, Kamis (21/11).

Dia mengungkapkan, adapun tanaman tumpangsari yang ditanam di sekitar areal lahan konsesi perkebunan eucalyptus seperti jagung, kunyit, cabai, dan ubi-ubian. "Jadi tanaman tumpangsari, seperti cabai, jagung, jahe, kunyit, dan ubi kayu, bisa berdampingan hidup dengan perkebunan eucalyptus," ujarnya.

Disebutkan, adapun bentuk fasilitas dan pembinaan yang diberikan berupa pemberian bantuan benih, dukungan pengelolaan tanaman hingga menghasilkan. "Selanjutnya setelah tanaman berhasil, hasil pertanian diserahkan seutuhnya kepada Koptan," katanya.

Dia mengungkapkan, sampai saat ini pihak TPL telah memfasilitasi dan membina sekitar 100 Koptam mengelola lahan sekitar konsesi perkebunan eucalyptus. "Saat sudah ada sekitar 100 kelompok tani yang difasilitasi dan kita bina bertani di kawasan lahan konsesi TPL," imbuhnya.

(CAN/JG)

Baca Juga

Rekomendasi