Foto: Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca Cegah Banjir Lanjutan

Foto: Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca Cegah Banjir Lanjutan
Petugas TMC memasukan garam ke tabung penampung garam atau consul dalam pelaksanaan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang menggunakan pesawat CN 295 di Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Analisadaily.com, Jakarta - Guna mencegah dan mengurangi curah hujan di Jabodetabek, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menerapkan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di sekitar wilayah perairan Selat Sunda, Jumat (3/1/2020).

Operasi ini bertujuan untuk mengurangi curah hujan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) sebagai upaya penanggulangan banjir.

Dari hasil analisis BPPT, awan yang menyebabkan hujan di Jabodetabek berasal dari daerah Selat Sunda. Awan-awan tersebut selanjutnya akan disemai menggunakan garam atau bahan NaCl.

"Semua awan yang bergerak ke Jabodetabek dan diperkirakan akan hujan di Jabodetabek, akan disemai dengan pesawat menggunakan bahan semai NaCl. Diharapkan, awan akan jatuh sebelum memasuki Jabodetabek," ucap Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BBTMC-BPPT), Tri Handoko Seto, dalam keterangan tertulis.

Editor:  Junaidi Gandy

Baca Juga

Rekomendasi