Balai TNGL Bawa Sepasang Orangutan dari Rumah Warga

Balai TNGL Bawa Sepasang Orangutan dari Rumah Warga
Anak Orangutan tampak berada di dalam kerangjang saat diamankan petugas dari Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Jumat (10/1) (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Langkat - Balai Besar Taman Nasional Gunung Lauser (TNGL) mengamankan sepasang anak Orangutan Sumatera (Pongo abelii) dari seorang warga yang berada di Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Bahorok BBTNGL, Palber Turnip mengatakan, ini diketahui atas informasi dari masyarakat pada Kamis (9/1).

Tim yang mendapat informasi itu kemudian langsung ke lokasi untuk mengecek keberadaan Orangutan.

Sekitar pukul 19.45 WIB, petugas menyambangi kediaman warga yang menyimpan Orangutan itu, namun hanya bertemu dengan putrinya.

“Kemudian petugas memeriksa rumahnya ditemukan dua ekor anak Orangutan," kata Palber di Kantor Balai Besar TNGL Jalan Selamat, Medan, Jumat (10/1).

Palber menjelaskan, pada saat diamankan, kedua Orangutan diletakkan atau dikurung menggunakan keranjang plastik yang sudah di modifikasi.

"Menurut perkiraan, kedua anak Orangutan berjenis kelamin jantan berusia dua tahun dan betina. berumur 1 tahun," jelasnya.

Palber menambahkan, yang menyimpan Orangutan tersebut diketahui bernama Riswansyah alias Iwan Gondong (38), dan masih dalam pengejaran petugas.

"Pada saat kita ke TKP pelaku sedang tidak di tempat dan petugas masih mengejarnya," tambahnya.

Penulis:  Jafar Wijaya
Editor:  Christison Sondang Pane

Baca Juga

Rekomendasi