Segarnya Air di Lokasi Wisata Pemandian Pucok Krueng

Segarnya Air di Lokasi Wisata Pemandian Pucok Krueng
Lokasi Wisata Pemandian Pucok Krueng (Analisadaily/Rianza Alfandi)

Analisadaily.com, Aceh - Berbicara destinasi wisata, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) seakan tiada habis-habisnya dalam menyajikan panorama alam yang benar-benar alami bagi para pecinta dan penikmat alam.

Melepas penat merupakan salah satu alasan untuk mengunjungi tempat wisata. Salah satu destinasi alam yang sering dikunjungi di Kabupaten Abdya adalah tempat wisata Pucok Krueng yang terletak di Desa Alue Selaseh, Kecamatan Jumpa.

Disebut “Pucok Krueng”, karena tempat wisata ini berada di hulu sungai Desa Alue Sungai Pinang. Di tempat wisata yang berada di Kecamatan Jumpa tersebut, wisatawan bisa menikmati suguhan ekosistem yang masih alami.

Dinginnya air nan segar yang mengalir di sepanjang sungai membuat pengunjung serasa berendam bagaikan di air es. Kondisi air yang seperti ini terjadi karena pengaruh dari rindangnya tanaman dan banyaknya bebatuan besar yang berada di sekitar aliran sungai.

Lokasi ini sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat berendam untuk menghilangkan kepenatan, ditambah dengan kedalaman yang beragam di antara gugusan bebatuan yang terletak di sekitaran aliran sungai ini.

Dari tempat ini kita juga bisa melihat langsung proses panen pala yang dilakukan oleh petani setempat. Selain itu, bagi pengunjung yang hendak menjamah tempat wisata ini, bisa membawa bekal dari rumah atau juga bisa memesan aneka makanan yang dihidangkan di kios-kios dan warung kopi yang ada.

Namun biasanya, pengunjung yang datang ketempat ini sering melakukan kegiatan masak bersama, baik berupa memasak mie bahkan bakar-bakar ayam sekalipun. Menikamati hidangan dengan merendamkan setengah badan menjadi hal yang biasa bahkan terasa lebih nikmat jika berada di tempat ini.

Mahlil, seorang pengunjung yang menikmati kesejukan destinasi wisata tersebut, mengaku sangat nyaman dan tenang dengan suasana yang disajikan.

Lokasi Wisata Pemandian Pucok Krueng (Analisadaily/Rianza Alfandi)
“Tempat wisata Pucok Krueng ini merupakan tempat wisata yang sangat nyaman menurut saya, karena selain suasananya yang nyaman juga airnya yang jernih dan sejuk,” ungkapnya, Kamis (16/1).

Penasaran akan keasrian tempat ini? Untuk menuju ke tempat destinasi ini pengunjung dari pusat Kota Blang Pidie, hanya perlu menempuh perjalanan darat menggunakan mobil atau sepeda motor selama kurang lebih 15 menit.

Tak perlu tenaga ekstra untuk merasakan sejuknya air dari pegunungan tersebut, pengunjung hanya perlu memarkirkan kendaraan di pinggir aliran sungai, turun beberapa langkah, langsung bisa menyentuh nikmat tuhan yang luar biasa ini.

Tak heran jika wisatawan memasuki kawasan ini akan merasakan kesegaran dan kesejukannya. Tak ada biaya sepeser pun yang harus dikeluarkan pengunjung untuk menikmati panorama alam ini, alias cuma-cuma.

Aliran sungai yang dikelilingi kebun pala milik warga tersebut akan sangat ramai dikunjungi ketika ada perayaan-perayaan hari besar, seperti setelah lebaran, libur sekolah, serta perayaan hari-hari besar lainnya.

Pelancong yang menikmati destinasi wisata tersebut tidak hanya warga Abdya, melainkan dari wilayah Nagan Raya, Meulaboh, Tapaktuan, serta dari daerah lainnya.

Adapun pengunjung yang datang ketempat ini tak hanya kalangan remaja, melainkan mulai dari anak-anak bahkan orang tua sekalipun turut mengunjungi tempat tersebut.

Berita kiriman dari: Rianza Alfandi

Baca Juga

Rekomendasi