TNI Siap Bantu Pemko Medan Tanggulangi Masalah Banjir

TNI Siap Bantu Pemko Medan Tanggulangi Masalah Banjir
Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional III Medan, Marsekal Pertama TNI Djhon Amarul dan Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution berdiskusi di Balai Kota saat audiensi, Kamis (16/1) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional III Medan, Marsekal Pertama TNI Djhon Amarul, mengaku senang bisa bersilaturahmi dan berbagi masukan dalam berkontribusi untuk membangun Kota Medan.

Sebab, kata dia, pihaknya berharap Kota Medan yang menjadi wilayah tugasnya kini dapat terus maju dan berkembang menjadi lebih baik.

Pada kesempatan itu, ada beberapa poin yang disampaikan Djohan kepada Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution di Balai Kota saat audiensi, Kamis (16/1), termasuk penanggulangan banjir.

"Kami memahami, membangun kota ini harus bersama-sama dari semua sektor. Karena itu, kami siap mendukung dan dilibatkan. Sebagai prajurit TNI, kami punya tanggungjawab berbuat, apalagi tujuannya untuk kebaikan masyarakat," kata Djohan.

Ia menyarankan, agar rutin menggelar kegiatan bersih-bersih, minimal dilakukan sebulan sekali khususnya di wilayah bantaran sungai. Dengan tujuan mengedukasi sekaligus berharap bisa merubah mindset masyarakat untuk tidak mengotori sungai.

"Merubah mindset menjadi tantangan kita. Ini butuh kerja keras, komitmen dan keseriusan dari kita semua. Kami yakin, jika hal ini kita lakukan secara berkala, Insya Allah masyarakat sadar menjaga lingkungannya,” ujar Djohan.

“Suatu hari nanti kita akan sampai pada tahap menikmati hasil kerja keras dengan melihat kota ini indah, bersih dan nyaman," sambung Djohan, yang juga pernah sebagai ajudan mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Akhyar Nasution mengatakan, dengan kondisi Kota Medan yang kompleks ini, ia memang butuh bantuan dan dukungan dari semua pihak. Banyak tantangan pembangunan kota yang harus disikapi, diselesaikan bersama termasuk masalah banjir.

“Atas dukungan ini, tentu kami semakin bersemangat membangun Kota Medan lewat peradaban," kata Akhyar Nasution.

Ia juga menyampaikan, Pemko Medan bersama Pemprov Sumut saat ini terus bertekad membangun bersama Kota Medan termasuk menormalisasi sungai-sungai yang ada.

"Gubsu punya perhatian besar terhadap Kota Medan. Sudah beberapa kali kita melakukan normalisasi sungai. Namun, kita juga tetap memikirkan masalah sosial masyarakat yakni relokasi untuk mereka. Sehingga tidak menjadi hambatan untuk membenahi sungai. Jika masalah sosialnya selesai, maka masalah teknis pengerjaan tinggal kita lakukan," paparnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi