Status Gunung Sinabung Segera Diturunkan ke Waspada

Status Gunung Sinabung Segera Diturunkan ke Waspada
Status Gunung Sinabung Segera Diturunkan ke Waspada (Petugas sedang mengamati aktivitas Gunung Sinabung menggunakan teropong dari kantor PVMBG Desa Ndokum Seroga Kecamatan Simpang Empat Kamis (16/1))

Analisadaily.com, Karo - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) akan menurunkan status Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara, dari Siaga menjadi Waspada (Level II) bulan ini atau bulan depan.

Saat ini penurunan status gunung api Sinabung, dalam pengkajian ulang dan pertimbangan PVMBG bersama pemerintah daerah.

Pengamat Gunung Api Sinabung, Armen Putra mengatakan, rencana penurunan berdasarkan pengamatan yang menunjukan Gunung Sinabung tidak erupsi lagi.

“Aktivitas kegempaan lebih menurun, informasi dari alat pengukur EDM juga tidak menunjukan depormasi yang besar dari pergerakan magma, dan potensi bahaya menurun,” kata Armen, Kamis (16/1).

Begitupun, meski aktivitas Gunung Sinabung mengalami penurunan, masyarakat atau pengunjung diharap tidak melakukan aktivitas di radius 3 km dari puncak gunung, radius 5 km sektor selatan-timur, radius 4 km sektor timur-utara.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah, mengamankan sarana air bersih, atap bangunan dari abu vulkanik agar tidak roboh,” sambung Armen.

Begitu juga masyarakat tinggal di aliran sungai berhulu Gunung Sinabung tetap waspada, bahaya lahar. Lanjutnya, pengamatan hari ini cuaca cerah dan berawan suhu 15-18 C, angin bertiup lemah ke arah barat dan barat laut.

Visual Gunung Api Sinabung tertutup kabut, asap kawah tidak teramati. Kegempaan hembusan dua kali, amplituda 1-3 mm durasi 7-9 detik.

Low frekuensi 1 kali kejadian amplituda 1 mm, durasi 6 detik, tektonik jauh jumlah kejadian satu kali kejadian Amplituda 4 mm, S-P 19 detik durasi 58 detik.

(DIK/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi