Taiwan Konfirmasi Kematian Pertama Akibat Corona COVID-19

Taiwan Konfirmasi Kematian Pertama Akibat Corona COVID-19
Ilustrasi (Shanghaiist)

Analisadaily.com, Taiwan - Taiwan melaporkan kematian pertama akibat virus corona COVID-19 pada hari Minggu (16/2), ketika jumlah kematian akibat wabah menembus angka 1.770 orang di dalam daratan China.

Dilansir dari Channel News Asia, Senin (17/2), seorang pria berusia 61 tahun dari Taiwan tengah dengan masalah kesehatan yang mendasarinya, tetapi tidak ada riwayat perjalanan luar negeri baru-baru ini meninggal di rumah sakit pada Sabtu (15/2) setelah tes positif untuk virus, para pejabat mengkonfirmasi.

Ini adalah kematian kelima yang tercatat di luar China daratan, korban sebelumnya berada di Filipina, Hong Kong, Jepang, dan Prancis.

"Kasus terakhir ini adalah sopir taksi yang tidak berlisensi. Klien utamanya adalah orang-orang yang pernah ke China, Hong Kong dan Makau," kata menteri kesehatan dan kesejahteraan Chen Shih-chung kepada wartawan.

Chen mengatakan pihak berwenang sedang memeriksa daftar klien pengemudi dan riwayat perjalanan mereka, dalam upaya untuk melacak kemungkinan sumber infeksi.

Seorang kerabat laki-laki berusia 50 tahun dari korban kemudian dikonfirmasi telah tertular virus itu, tambah Chen, meskipun ia tidak menunjukkan gejala apa pun. Kasus-kasus yang dikonfirmasi Taiwan sekarang mencapai 20.

Prancis melaporkan kematian akibat corona COVID-19 pertama di luar Asia pada Sabtu kemarin, memicu kekhawatiran global tentang epidemi tersebut. Hampir 1.000 warga Taiwan masih menunggu pemulangan di Provinsi Hubei, setelah Beijing dan Taipei saling menuduh manipulasi politik, yang menyebabkan penundaan.

Taiwan menerbangkan 247 orang dari Ibu Kota Hubei, Wuhan, dengan penerbangan China Eastern Airlines milik daratan pada 3 Februari 2020. Tetapi bagaimana evakuasi itu dilakukan menyebabkan ketidaksepakatan.

Hubungan antara keduanya dipersulit oleh fakta bahwa Beijing memandang orang Taiwan sebagai warga negaranya sendiri, bukan sebagai warga negara asing.

(RZD)

Baca Juga