Pengabdian Dosen USU: Siswa SMK Sentra Medika Dilatih Berpidato tentang COVID-19

Pengabdian Dosen USU: Siswa SMK Sentra Medika Dilatih Berpidato tentang COVID-19
Penyerahan piala pemenang lomba pidato dan plakat dari LPPM USU kepada pihak sekolah SMK Sentra Medika Medan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tim Pengabdian Dosen USU melatih keterampilan berpidato kepada siswa SMA SMK Sentra Medika Medan tentang COVID-19.

Ketua Tim Pengabdian Dra Nurhayati Harahap, MHum mengatakan, pengabdian dilakukan di SMK Sentra Medika Medan. Sekolah dipilih karena menyelenggarakan pendidikan di bidang kesehatan dengan tiga bidang, yaitu bidang keperawatan, farmasi, dan analis kesehatan.

“Dengan meningkatnya keterampilan berpidatonya, siswa SMK Sentra Medika Medan diharapkan bisa menjadi penyuluh kesehatan, terutama untuk kaum milineal. Dalam masa sekarang ini, dengan merebaknya virus COVID-19, akan menjadi materi yang relevan untuk dijadikan topik pidato untuk mencegah meluasnya penyebaran COVID-19,” ujar Dosen Sastra Indonesia, USU ini.

Nurhayati Harahap menjelaskan, tim ini terdiri dari beberapa dosen Sastra Indonesia FIB USU, di antaranya Dr Gustianingsih, MHum, Drs Haris Sutan Lubis, MSP, Emma Marsella, S.S. M.Si dan Veryani Guniesti, S.S. M. Hum yang merupakan Dosen Sastra Jepang, FIB USU.

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan minat dan kemampuan siswa SMK Sentra Medika Medan berpidato sehingga mereka akan lebih memahami dan dapat mempraktikkan cara dan teknik berpidato yang baik dan benar,” tegasnya.

Kepala Sekolah SMK Sentra Medika Medan sangat mendukung kegiatan tersebut. Menurutnya, mereka akan terampil menjadi penyuluh kesehatan, terutama dengan topik COVID-19. Dengan ketertarikan dan peningkatan kemampuan siswa SMK Sentra Medika Medan berpidato yang baik dan benar, akan menjadi lebih tertarik mengikuti ajang kompetisi berpidato sebagai kegiatan positif.

Anggota tim pengabdian, Dr Gustianingsih, MHum menambahkan, karena masih dalam suasana pencegahan terhadap COVID-19 metode pelatihan dilaksanakan dengan daring. Materi berpidato disampaikan dengan mengupas konsep-konsep berpidato.

“Selanjutnya, dilakukan pemutaran video model tokoh-tokoh yang dianggap piawai berpidato untuk diulas dan ditiru hal yang baik dari teknik, suara atau intonasi, gaya atau gesture, dan lainnya yang merupakan syarat yang baik dalam berpidato.

Tahap selanjutnya adalah meminta siswa merancang pidato dengan tema COVID-19 untuk dipraktekkan berpidatodan diberi masukan oleh Tim Pengabdian LPM USU. Tahap terakhir adalah melaksanakan lomba berpidato dan akan dipilih peserta terbaik I, II, III, dan Harapan,” ujarnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi