Standar Protokol Kesehatan Rumah Sakit Columbia Asia

Standar Protokol Kesehatan Rumah Sakit Columbia Asia
Rumah Sakit Columbia Asia. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pandemi Covid-19 sejak merebak di awal Maret 2020, sampai sekarang untuk Indonesia dan khususnya untuk wilayah Sumatera Utara belum juga menunjukkan tanda-tanda penurunan jumlah pasien baru. Oleh karena itu Pemerintah Pusat maupun daerah makin memperketat pelaksanaan standar protokol kesehatan di seluruh aspek kehidupan masyarakat dari fasilitas umum, perkantoran pemerintah, perkantoran swasta, instansi kesehatan, terlebih lagi instansi kesehatan yang langsung berhadapan dan merawat pasien Covid-19.

Rumah Sakit Columbia Asia sebagai salah satu institusi kesehatan dan juga merupakan rumah sakit yang dianjurkan oleh pemerintah untuk merawat pasien probable maupun positif Covid - 19 sangatlah memperhatikan serta menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan menyeluruh, yang terbagi menjadi dua bagian.

Protokol kesehatan pertama mencakup internal yang dimulai dari jadwal pembersihan, proses disinfektan seluruh permukaan dan ruang lingkup rumah sakit, menerapkan standar jarak aman (Physical Distancing), menempatkan pembatas berupa akrilik di setiap counter baik di klinik dokter, area pendaftaran, kasir dan areal lainnya yang dirasa perlu.

Kemudian, mengkampanyekan kebiasaan mencuci tangan, menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) bagi seluruh pekerja yang medis maupun yang non medis yang ditentukan berdasarkan resiko paparan dengan tidak mengeyampingkan kenyaman pasien dan keluarga, ditambah lagi dengan pemberian vitamin dan tes kesehatan untuk karyawan yang dianggap perlu sebagai upaya deteksi dini serta memberlakukan Work From Home (WFH) bagi karyawan yang dirasa bisa menjalankannya.

Online Klinik RS Columbia Asia.
Protokol kesehatan yang kedua dikhususkan untuk pasien, keluarga pasien dan pengunjung, dimana keselamatan mereka merupakan tujuan utama dari RS Columbia Asia yang menganut moto “We have A Passion for Making People Better”.

Langkah yang diambil manajemen berupa, pemisahan pintu masuk untuk pasien yang berobat dengan pengunjung biasa, melakukan pengecekan suhu badan dan saturasi oksigen di setiap pintu masuk yang dilengkapi dengan hand sanitizer, membuat ruang UGD tersendiri untuk pasien yang terduga covid -19 terpisah dengan UGD biasa dengan dua tim kesehatan yang berbeda juga sehingga kenyaman dan keamanan semua sangatlah terjamin dan menghindari adanya paparan lokal.

Selain tetap menjalankan pelayanan klinik rawat jalan dengan jam operasional yang sama, Rumah Sakit Columbia Asia Medan juga menyiapkan layanan konsultasi daring (Online Consultation), Home Vaccine maupun Drive Thru, Drive thru Rapid test serta fasilitas Home Care lainnya.

COLUMBIA ASIA APP.
Semua ini diterapkan demi tetap bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dimana kekhawatiran masyarakat untuk terpapar yang semakin meningkat. Untuk konsultasi daring cukup dengan menghubungi ke nomor 08116171333 atau bisa mendownload aplikasi Columbia Apps yang mejadikan layanan kesehatan anda bisa diakses dengan mudah.

Dengan menjalankan protokol kesehatan yang sudah diverifikasi oleh Pemerintah Indonesia dan WHO, disiplin diri daripada seluruh karyawan dan pengertian serta kerjasama yang baik dari pasien dan keluarga, General Manager Columbia Asia Medan Deny Hidayat mengungkapkan keyakinannya bahwa rumah sakit yang dipimpinnya akan tetap mampu memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna kepada masyarakat dan menjamin untuk tidak akan terjadinya paparan lokal atau cluster baru daripada Covid-19.**

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi