Pemprovsu Janji Secepatnya Bangun Jembatan Sidua-dua

Pemprovsu Janji Secepatnya Bangun Jembatan Sidua-dua
Jembatan alternatif di Desa Hulim, Kecamatan Sosopan, Padang Lawas (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Padang Lawas - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Dinas Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) menyebut jembatan Sidua-dua di Desa Hulim, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas, yang ambruk akibat diterjang arus sungai segera dibangun.

Sekretaris Dinas BMBK Sumut, Hasudungan Siregar mengatakan, saat ini jembatan alternatif pasca ambruknya jembatan sidua-dua sudah siap dibangun.

Menurutnya jembatan alternatif itu juga bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Untuk sementara jalan alternatif sudah siap dibangun, dan sudah bisa dilalui kendaraan roda empat," kata Hasudungan kepada Analisadaily.com, Kamis (20/2).

Untuk jembatan permanen, dia mengungkapkan akan dibangun secepatnya. Namun ia belum bisa memastikan kapan mulai pembangunan.

"Sedang diurus administrasinya," jelas Hasudungan.

Sementara pengalokasian anggaran untuk pembangunan jembatan sidua-dua ada dua opsi, pertama gubernur mengalokasikan dana melalui pergeseran anggaran belanja tidak terduga TA 2020 dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) ke Dinas BMBK.

Kemudian opsi kedua melalui Perubahan APBD TA 2020. Kedua opsi tersebut akan menentukan cepatnya penanganan jembatan tersebut.

(ATS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi