Donor Darah Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Donor Darah Turunkan Risiko Penyakit Jantung
Pegawai Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Unit Pabrik Kelapa Sawit Kebun Bah Jambi ikuti aksi donor darah, Sabtu (29/2) (Analisadaily/Franscius Hartopedi Simanjuntak)

Analisadaily.com, Simalungun – Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Unit Pabrik Kelapa Sawit Kebun Bah Jambi melakukan aksi solidaritas kepedulian terhadap sesama melalui donor darah.

Aksi sosial ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Unit Kota Pematangsiantar di Areal Perkebunan Kelapa Sawit Bah Jambi, Sabtu (29/2).

Kegiatan diikuti puluhan karyawan/karyawati Distrik I dan II, Kebun dan PKS Bah Jambi serta masyarakat sekitar, dan mendonorkan puluhan kantong darah dari berbagai jenis golongan.

Manager Perkebunan Kelapa Sawit Bah Jambi, Rudi Simatupang mengatakan, donor darah merupakan upaya seseorang dalam memberikan sejumlah darahnya yang ditranfusikan kepada orang lain.

“Sayangnya, banyak orang takut donor darah karena macam alasan. Ada yang takut jarum suntik hingga takut darahnya habis. Padahal, manfaat bagi pendonor banyak di antaranya menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah," kata Rudy.

Kepala PMI Siantar, Rajin Saragih, menjelaskan donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah.

Kekentalan darah, kata dia, salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, makin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah.

“Gesekan yang terjadi pada pembuluh darah ini dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah yang selanjutnya meningkatkan risiko sumbatan pembuluh darah," papar Rajin Saragih.

Oleh sebab itu, masih kata dia, manfaat donor darah bagi pendonor bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Penelitian menunjukkan manfaat donor darah terhadap penyakit jantung. Dari penelitian itu diketahui, orang yang rutin donor darah memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 88 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak.

"Melalui donor darah, kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah," ucap Rajin saat menjelaskan manfaat donor darah.

(FHS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi