Mantan Pelatih Usain Bolt Minta Olimpiade Tokyo Ditunda

Mantan Pelatih Usain Bolt Minta Olimpiade Tokyo Ditunda
Sprinter asal Jamaika, Usain Bolt (Channel News Asia/Reuters)

Analisadaily.com, Tokyo - Pelatih lama Usain Bolt meminta agar Olimpiade Tokyo tahun ini ditunda sampai tahun 2021, karena Coronavirus terus merenggut nyawa di seluruh dunia.

"Rekomendasi saya adalah menunda Olimpiade sampai tahun depan," kata pelatih sprint asal Jamaika, Glen Mills kepada Reuters, Jumat (20/3).

“Ini akan menjadi yang belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi kita berada dalam waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pindahkan semuanya ke atas satu tahun dan kemudian semuanya pada akhirnya akan jatuh kembali ke tempatnya,”ujar Glen.

"Tetapi saya tidak berpikir, Olimpiade akan berlangsung pada waktu yang ditentukan (Juli dan Agustus) karena wabah itu terjadi di seluruh dunia dan di beberapa negara, itu baru saja mulai meningkat,” sambungnya.

"Aku tidak bisa melihat Olimpiade berjalan, membawa orang-orang dari seluruh dunia dan membawa mereka ke satu titik pusat,” tambah Glen dilansir dari Channel News Asia, Sabtu (21/3).

Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan penyelenggara Tokyo telah menyatakan, Olimpiade harus berjalan sesuai jadwal yang akan dimulai 24 Juli.

Mills, yang melatih Bolt yang sekarang sudah pensiun menjadi delapan medali emas Olimpiade dan 11 gelar kejuaraan dunia, mengatakan atletnya saat ini di Racers Track Club tidak dapat berlatih sejak Rabu.

Ini karena langkah-langkah yang diambil oleh Kementerian Kesehatan Jamaika, termasuk penutupan jalur pelatihan dan pusat kebugaran.

"Saat ini yang penting bagi mereka untuk mengisolasi diri dan mengikuti jarak sosial. Para atlet telah diperintahkan untuk melakukan latihan apa pun yang dapat mereka lakukan di rumah dan jika mereka memiliki ruang terbuka untuk berolahraga sampai fasilitas pelatihan dibuka kembali dan kemudian kita dapat memulai kembali pelatihan yang tepat,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, virus itu kemungkinan akan memiliki dampak ekonomi yang besar bagi para atlet mengingat pembatalan yang diantisipasi dan penundaan pertemuan selama musim outdoor.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi