Antisipasi COVID-19, Warga Perumahan Samudera Indah Kabanjahe Semprot Disinfektan

Antisipasi COVID-19, Warga Perumahan Samudera Indah Kabanjahe Semprot Disinfektan
Penyemprotan cairan disinfektan (Analisadaily/Alex Ginting)

Analisadaily.com, Kabanjahe - Virus corona COVID-19 yang ditetapkan sebagai pandemi global oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO berdampak pada munculnya kekhawatiran di kalangan masyarakat Tanah Karo.

Tidak terkecuali bagi masyarakat yang bermukim di Perumahan Samudra Indah, Kabanjahe. Atas inisiatif masyarakat dan didukung Kepala Desa setempat, dilakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah dan halaman serta lingkungan Perumahan Samudra Indah.

Seorang warga bernama Franky Pinem, mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan secara spontan dan tidak ada rekayasa. Mereka juga tidak menunggu tindakan dari pemerintah.

"Kalau sudah ada kesepakatan masyarakat dan didukung pemerintah desa, semua dapat kita laksanakan secara bersama-sama," kata Franky, Minggu (29/3).

"Dananya juga atas swadaya masyarakat. Sarananya juga milik warga, dan semua dapat dilaksanakan dengan baik, didukung seluruh masyarakat," sambungnya.

Diungkapkannya, warga di kawasan tersebut juga mengawasi setiap orang yang datang. Para warga saling berkoordinasi, dan jika ada warga datang dari luar kota atau dari luar negeri, mereka akan meminta riwayat perjalanannya.

Tidak hanya itu, warga juga aka melaporkannya kepada Gugus Tugas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo.

"Lebih baik kita tinggal dulu di perantauan daripada membawa virus ke kampung. Korbannya saudara kita sendiri. Anak kita, suami kita, atau istri kita. Ini sangat berbahaya," Franky menegaskan.

(ALEX/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi