Peningkatan Pasien Covid-19 di Liverpool Akibat Liga Champions

Peningkatan Pasien Covid-19 di Liverpool Akibat Liga Champions
Pertandingan antara Liverpool melawan Atletico Madrid di Anfield (Evening Standard)

Analisadaily.com, Liverpool - Direktur Kesehatan Masyarakat Kota Liverpool, Matthew Ashton, menilai kenaikan jumlah pengidap virus corona (Covid-19) di wilayahnya akibat pertandingan Liga Champions melawan Atletico Madrid.

Pada tanggal 20 Maret hanya ada 14 kasus Covid-19 di Liverpool. Namun jumlah itu meningkat tajam menjadi 309 kasus dua pekan kemudian.

Anggota parlemen Liverpool sekaligus mantan striker Inggris, Gary Lineker, juga mempertanyakan kebijakan untuk membiarkan 3.000 pendukung Atletico Madrid yang terkena Covid-19 menyaksikan pertandingan leg kedua babak 16 besar di Anfield pada 11 Maret.

"Itu bukan keputusan yang tepat untuk menggelar pertandingan," kata Ashton, dilansir dari SportsMole, Jumat (3/4).

"Orang-orang tidak sengaja membuat keputusan buruk. Mungkin keseriusan situasi tidak dipahami oleh pemerintah pada saat itu," sesalnya.

"Meskipun kita tidak akan pernah tahu pertandingan melawan Atletico Madrid bisa menjadi salah satu acara budaya dan pertemuan yang mempengaruhi kebangkitan Liverpool."

"Ini bisa jadi bahan belajar dan untuk penyelidikan di masa depan sehingga organisasi dapat belajar dan tidak membuat kesalahan serupa," imbaunya.

Sehari sebelum pertandingan antara Liverpool melawan Atletico di Anfield yang disaksikan sekitar 54.000 penonton, La Liga justru telah mengumumkan bahwa semua pertandingan di dua divisi teratasnya harus dimainkan secara tertutup.

Editor:  Eka Azwin Lubis

Baca Juga

Rekomendasi