Hasil Rapid Test COVID-19 Terhadap Seorang PDP di Paluta Negatif

Hasil Rapid Test COVID-19 Terhadap Seorang PDP di Paluta Negatif
Petugas medis melakukan pengambilan sampel darah saat rapid test covid-19 (ANTARAFOTO/Paramayuda)

Analisadaily.com, Padang Lawas Utara - Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sebelumnya diisolasi secara mandiri dinyatakan negatif COVID-19 setelah melakukan pemeriksaan rapid test di RSUD Aek Haruaya.

Juru Bicara Tim Terpadu Percepatan Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Lairar Rusdi Nasution, membenarkan adanyarapid test terhadap pasien PDP dan hasilnya negatif di RSUD Aek Haruaya.

“Namun untuk lebih meyakinkan lagi, Jumat depan akan kembali dilakukan rapid test kepada yang bersangkutan,” kata Lairar, Jumat (3/4).

Mengenai riwayat perjalanan PDP tersebut, diketahui sama sekali tidak memiliki riwayat keluar daerah.

Berdasarkan data dari Tim Terpadu Percepatan Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19), dominasi warga yang masuk dalam pantauan adalah berstatus sebagai pelaku perjalanan dari daerah terjangkit.

“Jumlahnya semakin bertambah hingga tembus di angka 1.773. Yang paling banyak masuk adalah pelaku perjalanan,” terangnya.

Menurutnya penambahan signifikan terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Para pelaku perjalanan didominasi oleh para pelajar dan mahasiswa yang memilih mudik setelah dihentikannya sementara kegiatan belajar oleh pemerintah.

“Pelaku perjalanan terpantau didominasi oleh mahasiswa yang pulang kampung karena kampusnya diliburkan disusul oleh pekerja yang berdomisili di luar Paluta yang mungkin diliburkan atau meliburkan diri terdampak COVID-19,” pungkasnya.

(ONG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi