Seorang PDP Asal Karo Meninggal Dunia di RS Martha Friska

Seorang PDP Asal Karo Meninggal Dunia di RS Martha Friska
RS Martha Friska (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait COVID-19 dari Kabupaten Karo meninggal dunia di Rumah Sakit Martha Friska Medan, Sabtu (18/4). Pasien merupakan PDP pertama yang meninggal dari Kabupaten Karo.

Dari informasi yang diperoleh, pasien itu merupakan seorang wanita bernisial M (61) yang dirujuk dari Rumah Sakit Evarina Etaham Brastagi pada 16 April 2020. Selain didiagnosis gejala COVID-19, pasien tersebut juga memiliki penyakit jantung tiroid.

Terkait informasi meninggalnya PDP dari Karo, Jubir Gugus Tugas Sumut, Aris Yudhariasnyah, membenarkan hal tersebut. "Iya, kemarin ya. Pasien rujukan baru itu," kata Aris Minggu (19/4).

Untuk kepastian hasil positif dan negatifnya pasien, hingga saat ini masih menunggu hasil laboratorium. Namun, untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 Aris telah mengintruksikan Dinas Kesehatan Tanah Karo menyelidiki riwayat penyakit pasien dan dengan siapa saja kontak.

"Jadi, yang menyelidiki Dinas Kesehatan-nya, karena pasien meninggal dari rujukan rumah sakitnya," ujar Aris.

Meninggalnya PDP di Rumah Sakit Martha Friska ini merupakan kali pertama terjadi dari Kabupatan Karo. Pihaknya bersama dinas terkait akan terus melakukan penyelidikan epidemiologi pasien untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Karo.

"Kalau yang dirujuk PDP meninggal iya, seperti itu yang pertama," terang Aris.

Hingga pukul 17.00 WIB, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut mencatat, pasien positif COVID-19 sebanyak 104 orang, PDP 139 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 2.509.

Kemudian meninggal dunia ada 10 orang dan pasien positif COVID-19 yang sembuh ada 13 orang. Saat ini angka PDP di Sumut masih yang tertinggi Kota Medan 70 orang, PDP di Simalungun 18 orang dan Kabupaten Deliserdang sebanyak 17 orang.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi