Masjid Bantuan Aceh di Palu Mulai Dipasang Kubah

Masjid Bantuan Aceh di Palu Mulai Dipasang Kubah
Masjid bantuan Aceh di Palu (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Pembangunan Masjid Jami’ Nurul Hasanah Aceh yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah pada 13 Februari 2019, kini mamasuki tahapan pemasangan rangka kubah.

“Hari ini, Rabu 22 April 2020 pembangunan sudah sampai tahap menaikkan penyangga kubah,” lapor Lurah Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Mansyur M. Nur yang merupakan lokasi Masjid Jami’ Nurul Hasanah Aceh itu dibangun.

Dalam laporannya melalui grup WhatsApp ‘Aceh untuk Palu’, Lurah Pengawu menulis, “Alhamdulillah acara penaikan penyangga kubah Masjid Jami’ Nurul Hasanah Aceh pada Rabu (22/4) sekaligus dibacakan doa oleh Imam Masjid, Hamdan Rampadio bersama Karman Karim dan Pengurus BKM”.

Laporan Lurah Pengawu ditanggapi Asisten II Setda Aceh, Teuku Ahmad Dadek yang terlibat langsung dari tahap awal survei hingga dimulai pembangunan fisik. “Alhamdulillah,” kata Dadek yang juga mantan Kepala BPBA.

Lurah Pengawu melanjutkan chatingannya, “Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan Pemerintah Aceh, teristimewa untuk Pak Gubernur Nova Iriansyah yang sudah membantu kami dalam pembangunan kembali Masjid Jami’ Nurul Hasanah.”

Seperti diketahui, pada 28 September 2018 beberapa kawasan di Sulteng dihantam gempa disusul tsunami dan likuifaksi. Sehari pascabencana, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyerukan penggalangan bantuan kemanusiaan untuk Sulteng, termasuk Kota Palu.

Seruan itu direspons oleh semua SKPA yang dikoordinir oleh Kepala amBPBA, HT Ahmad Dadek dan Kadis Sosial Aceh, Alhudri.

Dalam pelaksanaan penggalangan dana dari masyarakat, dilibatkan Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh bersama sejumlah organisasi pendukung. Solidaritas Aceh untuk Palu berhasil mengumpulkan dana Rp 3,3 miliar.

Saat peletakan batu pertama, Plt Gubernur Aceh mengatakan dana sekitar Rp 3,3 miliar itu difokuskan seluruhnya untuk pembangunan kembali Masjid Nurul Hasanah yang hancur akibat bencana.

“Pak Wali Kota tak perlu khawatir, kami tidak mengggunakan sedikit pun uang itu untuk keperluan kami kemari,” kata Nova.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi